Macam Macam Burung Peliharaan yang Bisa Kamu Pelihara di Rumah

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Makan dari Telapak Tangan

Burung adalah sejenis unggas yang menyenangkan sekali untuk dipelihara. Sehingga tak jarang kamu akan berusaha mencari macam-macam burung peliharaan yang bisa kamu rawat di rumah. Ingin tahu inspirasi burung apa saja yang bisa kamu pelihara di rumah? Cek di sini sekarang juga, ya!

Kalau ingin mencari macam macam burung peliharaan, di sini adalah tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kamu bisa menemukan banyak jenis burung yang bisa kamu piara di rumah.

Hobi memelihara unggas yang satu ini memang banyak menarik perhatian orang. Hal ini dikarenakan daya tariknya yang istimewa. Tidak seperti biasanya orang yang memelihara unggas untuk dikonsumsi telur atau dagingnya, mereka yang memelihara burung peliharaan biasanya karena menikmati keindahannya.

Ada macam macam burung peliharaan yang bisa dipelihara dengan mudah. Masing masing memiliki keunggulan serta kelemahannya sendiri.

Apalagi kalau kamu ingin serius menekuni hobi yang juga bisa menghasilkan uang ini. Kamu harus mempelajari dan mengetahui jenis mana saja yang bisa memberikan keberuntungan untukmu.

Ingin tahu lebih lanjut tentang pilihan burung peliharaan? Cek artikel ini sekarang juga, yuk!

Macam Macam Burung Peliharaan yang Cerdas

Mungkin kamu merasa bingung mengapa ada macam macam burung peliharaan yang disebut cerdas. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa jenis yang terhitung cerdas karena pandai menirukan suara dan lagu. Bahkan, ada juga yang sampai bisa menirukan kata kata.

Penasaran macam macam burung peliharaan yang cerdas itu seperti apa saja? Yuk cek artikel di bawah ini.

1. Jalak

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Jalak

Secara fisik, bentuk burung peliharaan yang satu ini memang tak begitu indah. Tapi jika sudah terpelihara dan terlatih dengan baik, ia bisa mengeluarkan suara yang sangat bagus.

Bahkan, burung ini sangat kaya akan kicauan dan mampu menyanyi dalam berbagai suara dan lagu. Untuk mengajarinya bernyanyi pun terhitung mudah. Hingga akhirnya banyak orang yang ingin memelihara jalak karena kecerdasannya.

Ada beberapa macam jalak hidup di tanah air kita. Di antaranya adalah jalak suren alias jalak kuning, jalak abu abu, jalak sungu, jalak hitam, jalak sulawesi, jalak putih, dan jalak bali.

Salah satu jenis jalak yang cantik bulunya adalah jalak bali. Bulu badannya berwarna putih bersih dengan sedikit hitam pada ujung ekor dan sayapnya. Kepalanya berjambul dengan warna putih.

Jika burung jalak tengah berkumpul atau dikumpulkan pada satu tempat, kicauannya akan terdengar sangat gaduh. Meskipun begitu, kicauan tersebut sangat indah didengar.

2. Kakatua

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Kakatua

Kakatua termasuk dalam macam macam burung peliharaan cerdas yang sangat disukai. Hal ini dikarenakan, kakatua mampu menirukan kata apa saja yang diucapkan manusia bila sudah terlatih dengan baik.

Kakatua memiliki 4 buah jari, dua menghadap ke depan dan dua lainnya menghadap ke belakang. Paruhnya kuat, tebal, dan mengait. Badannya dan lehernya pendek, lidahnya tebal, dan kepalanya besar.

Beberapa jenis yang banyak dipelihara adalah kakatua alba, kakatua jambul kesumba, kakatua jambul kuning, kakatua raja, dan kakatua putih kecil.

3. Murai Batu

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Murai BatuSumber: Wikimedia Commons

Salah satu dari macam macam burung peliharaan ini paling banyak diminati oleh para pehobi kicauan. Selain suaranya yang keras, bunyi kicaunya yang unik dan bisa menirukan suara orang di sekitarnya seringkali membuat pecintanya terpesona. Apalagi murai batu terhitung cukup mudah untuk dilatih kicauannya.

Murai batu sendiri sebenarnya merupakan salah satu dari sekian banyak burung berkicau yang berasal dari Indonesia. Jenisnya pun sangat beragam mulai dari murai batu medan, nias, aceh, dan murai borneo.

Sayangnya, akibat banyaknya perburuan liar dan rusaknya lingkungan habitat aslinya, sekarang murai batu termasuk dalam salah satu burung yang hampir mengalami kepunahan. Karena hal itulah kini keberadaan murai batu di alam liar sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Semua itu tentunya dilakukan untuk menjaga jumlah populasinya agar kembali naik.

Salah satu jenis murai batu yang sangat dicari sebagai koleksi atau untuk ditangkarkan adalah jenis murai batu dari Medan. Hal ini dikarenakan murai batu tersebut memiliki bentuk yang menawan dengan ekor yang sangat panjang.

4. Beo

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Beo

Beo memiliki nama ilmiah Gracula religiosa. Burung peliharaan ini memiliki beberapa panggilan lain, di antaranya adalah tiung atau menco.

Bagi kebanyakan orang, beo merupakan hewan peliharaan yang paling menarik karena pandai menirukan bunyi apa saja yang baru didengarnya atau sengaja diperdengarkan kepadanya. Mulai dari bunyi siulan, nyanyian, seruan, teriakan, panggilan nama seseorang, dan lain-lain.

Beo juga sangat mudah dipelihara dan cepat mengenal pemiliknya. Sehingga kamu tidak akan kerepotan atau kebingungan dengan cara merawatnya.

Secara fisik, beo tidak memiliki penampilan yang terlihat keren atau menarik. Bulunya berwarna hitam, paruhnya kuning kemerah merahan, dan kepala berbulu pendek dengan gembel kuning di belakang matanya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis beo yang bisa dipelihara. Di antaranya adalah beo maluku, beo jawa, beo enggano, beo mentawai, dan beo nias. Biasanya, jenis beo nias lah yang paling banyak dipelihara sebagai burung sangkar, karena termasuk jenis beo yang paling pintar.

5. Cendet

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Cendet

Salah satu dari macam macam burung peliharaan ini pandai sekali menirukan suara kicauan lainnya. Unggas yang memiliki nama lain pentet ini masih termasuk dalam keluarga besar Laniidae.

Selain cendet, ada beragam nama yang bisa juga digunakan sebagai panggilan, yaitu pentet, betet, dan juga toet. Pekicau yang satu ini ukuran tubuhnya juga sedikit kurang simetris. Bagian kepalanya terhitung lebih besar dibandingkan ekornya yang relatif kecil.

Pada dasarnya, cendet memiliki sifat kanibal dan seringkali menjadi sangat agresif jika melihat lawan jenisnya ataupun burung-burung kecil di sekitarnya. Meskipun begitu, tidak mengurangi ketenarannya untuk dijadikan koleksi para pehobi kicauan.

Hal ini dikarenakan kepintarannya menirukan suara kicauan lain, warnanya yang indah, dan suaranya yang sangat enak dan merdu untuk diperdengarkan. Apalagi harganya relatif murah dibandingkan macam macam burung peliharaan lainnya.

Macam Macam Burung Peliharaan yang Mudah Jinak

Kalau memiliki anak kecil di rumah, tentunya kamu memerlukan kriteria tambahan lain untuk memelihara hewan peliharaan. Dalam memilih macam macam burung peliharaan, kamu pasti akan mencari jenis yang warnanya indah, lucu, dan tidak galak.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya juga kalau kamu mencari jenis burung yang rajin bunyi. Sehingga tidak hanya enak dipandang, tapi juga enak didengarkan ketika dipajang di halaman rumah. Beberapa contohnya adalah:

1. Lovebird

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Lovebird dalam Sangkar

Unggas yang juga bisa disebut burung cinta ini memiliki bulu warna warni yang keindahannya pasti sangat disukai anak anak. Selain itu, ada banyak jenis lovebird yang bisa dioptimalkan kemampuannya untuk mengikuti lomba suara burung kicau atau kontes kecantikan.

Sebagaimana namanya, hewan yang satu ini selalu hidup berdampingan dengan pasangannya dan bisa berkicau sepanjang waktu. Lovebird juga memiliki bentuk yang sangat cantik dan warnanya enak dilihat.

Bahkan, jika kamu bisa pintar mengembangbiakannya, kamu bisa mendapatkan warna warna baru dan langka. Semakin langka warna lovebird, maka harga jualnya semakin tinggi.

2. Kenari

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Kenari

Macam macam burung peliharaan yang berikutnya ini termasuk pintar menirukan suara burung lainnya. Ukuran tubuhnya yang kecil sehingga tidak terlalu berbahaya untuk anak anak dan keluarga menjadikannya cocok sekali dijadikan peliharaan di rumah.

Untuk perawatannya sendiri juga tidak memerlukan cara cara yang rumit dan merepotkan. Cukup memberikan pakan harian, minum, dijemur, dan bersihkan sangkarnya, sudah cukup untuk membuat kenari bahagia.

Terlebih, suara kenari itu sangat merdu sehingga keluarga dan anak anak di rumah pasti senang memeliharanya. Ditambah lagi jenisnya ada banyak dan berwarna warni yang mencolok dan menarik perhatian.

3. Parkit

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Parkit

Hewan yang satu ini tidak terlalu jauh berbeda dari lovebird, terutama ukuran tubuh dan warna cerahnya yang mirip sekali. Secara fisik, yang membedakan keduanya hanyalah corak bulunya. Tidak seperti lovebird, parkit memiliki garis-garis hitam di sekitar kepala dan punggungnya.

Perbedaan lainnya yang cukup mencolok terletak pada suara kicauannya. Suara parkit terdengar khas seperti crecetan sedangkan lovebird terkenal dengan suara kekek panjangnya.

Meskipun begitu, kalau parkit sudah jinak, ia bisa juga dilatih dan diajak bermain di luar sangkar. Tentu saja hal ini akan membuat anak-anak semakin senang memeliharanya.

4. Cockatiel

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Cockatiel

Kamu mungkin lebih mengenali hewan peliharaan yang satu ini dengan nama falk, palek, parkit australia, werio, atau bahkan kakatua mini. Nama manapun yang kamu kenal, cockatiel cocok sekali sebagai hewan peliharaan karena kejinakannya yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Cockatiel termasuk dalam jenis unggas yang mudah jinak dengan manusia. Jika dilatih dengan benar, ia bisa melakukan trik-trik yang menarik. Bahkan, Cockatiel bisa dengan mudah dilatih untuk melakukan berbagai atraksi ketangkasan layaknya hewan di tempat sirkus.

Tak hanya tingkahnya yang pintar, kemampuannya dalam meniru suara manusia dan burung lainnya juga terhitung luar biasa. Ia juga bisa menirukan suara komputer yang baru menyala, suara microwave, atau bahkan suara bel.

5. Pacific Parrotlet

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Pacific ParrotletSumber: Wikimedia Commons

Macam macam burung peliharaan yang akan dibahas selanjutnya adalah pacific parrotlet. Jenis ini merupakan burung paruh bengkok yang pintar, kepo atau penuh ingin tahu. Terkadang, ia bahkan terhitung cukup agresif mengejar sesuatu yang mereka anggap menarik.

Meskipun begitu, pacific parrotlet juga mudah dilatih dan sangat jinak dengan manusia. Bahkan, ia bisa diajak bermain dengan anak anak sekalipun.

Sayangnya, pacific parrotlet agak kurang digemari di Indonesia. Alasannya adalah karena warna bulunya yang kurang menarik jika dibandingkan dengan lovebird, juga harganya terhitung jauh lebih mahal.

Macam Macam Burung Peliharaan yang Indah Bulunya

Pada dasarnya, memang banyak orang di Indonesia yang memelihara burung karena suaranya yang indah ataupun unik. Meskipun begitu, ada banyak juga yang disukai karena keindahan bulunya.

Warnanya yang mencolok mudah sekali menarik perhatian para pehobi unggas yang satu ini. Macam macam burung peliharaan yang banyak digemari karena keindahan bulunya adalah:

1. Bayan

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Bayan

Salah satu jenis unggas yang memiliki nama ilmiah Eclectus roratus ini masih kerabat dekat dengan burung betet dan kakatua. Tidak seperti burung peliharaan lainnya, bayan tidak dipelihara karena suaranya yang indah, tapi karena keindahan warnanya.

Yang banyak disukai untuk dipelihara biasanya adalah yang betina. Penyebabnya adalah warna bulunya merah dan biru pada bagian bawah sayap dengan bagian ujung bulu ekornya yang berwarna kuning.

Sementara yang jantan biasanya memiliki warna hijau terang dengan warna merah pada bagian bawah sayapnya. Bagian ujung dari ekornya tetap berwarna hijau.

Perbedaan lain yang bisa dilihat dengan mudah adalah warna paruhnya. Bayan betina biasanya paruhnya berwarna hitam, sedangkan bayan jantan memiliki paruh atas berwarna merah dan paruh bawah berwarna hitam.

2. Anis Merah

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Anis Merah

Jenis jenis burung yang indah bulunya memang ada banyak sekali. Salah satu yang sudah lama dikenal dan dinikmati keindahannya oleh para pecinta burung adalah anis merah yang juga dikenal dengan nama punglor cacing.

Ia terkenal di kalangan pehobi kicauan karena gaya kicauannya yang unik dan menarik perhatian setiap yang mendengarnya. Bahkan, anis merah memiliki sebutan untuk kicauannya sendiri yang khas, yaitu gaya teler. Kicauan tersebut bisa mengalahkan suara kicauan macam macam burung peliharaan lainnya sehingga banyak diminati.

Tak hanya karena kicauannya, anis merah ini juga banyak disukai karena warnanya yang menarik. Pada bagian kepala, dada, hingga perutnya berwarna merah kekuningan, sementara punggung dan ekornya berwarna hitam kebiru-biruan. Warna tubuhnya tersebut terlihat sangat eksotis sehingga sangat pantas disebut sebagai burung hias rumah.

3. Kacer

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung KacerSumber: Wikimedia Commons

Salah satu dari macam macam burung peliharaan yang indah bulunya selanjutnya adalah kacer, atau yang sering juga dikenal dengan nama kucica kampung. Hewan peliharaan yang agresif ini banyak digemari oleh pehobi kicauan karena gaya bertarungnya yang sangat mengotot.

Ketika akan bertarung, kacer akan membuka ekor dan sayapnya layaknya ular kobra. Sehingga seringkali, ketika ia akan bertarung, pemiliknya menyebutkan kacernya tengah mengobra. Pada saat itu, keindahan bulunya semakin terlihat mencolok.

Secara fisik, kacer memiliki ciri bulu kepala sampai dadanya berwarna hitam kelam, sementara perut hingga ekornya berwarna putih. Jika tertimpa sinar matahari, bulu dada kacer bisa terlihat sangat mengkilat. Menjadikan burung peliharaan satu ini sangat diminati pehobi unggas.

Kacer sebenarnya juga termasuk dalam jenis burung yang mudah dijinakkan. Namun kalau kamu berniat menjadikan kacer sebagai petarung yang suka dilombakan, ada baiknya ia tidak dijinakkan. Sebab, hal itu bisa menjadikan kacer kehilangan sifat aslinya di alam sebagai petarung.

4. Tledekan

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung TledekanSumber: Wikimedia Commons

Unggas yang satu ini disebut juga sulingan gunung, dan biasanya jarang sekali dipelihara oleh pehobi kicauan. Hal ini disebabkan karena habitatnya yang berada di atas gunung sehingga bisa dibilang susah dicari.

Meskipun begitu, bagi yang benar benar ingin mengoleksinya, memelihara tledekan akan sepadan dengan usaha untuk mendapatkannya. Terutama karena warnanya yang cerah menarik dan suaranya yang merdu.

Tledekan jantan memiliki ciri khas yang sangat menonjol. Kepalanya berwarna biru cerah sementara terdapat warna biru tua pada bagian punggungnya. Kemudian ada warna hitam di sekitar matanya.

Uniknya lagi, pada beberapa jenis tledekan, kamu bisa melihat semacam jakun berwarna hitam dan perutnya berwarna kuning jeruk bersinar. Meskipun pada beberapa genus tertentu seperti Vivid niltava, perutnya berwarna ungu kebiruan.

5. Betet

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Betet

Burung peliharaan yang memiliki nama ilmiah Psittacula alexandri ini sering disebut juga dengan kakatua kecil. Hal ini disebabkan bentuknya yang menyerupai kakatua namun ukurannya jauh lebih kecil.

Warna bulunya hijau, sementara bagian kepala keabu abuan, lehernya hitam, dan dadanya kemerah merahan. Bulu ekor bagian tengah berbentuk seperti pedang dan warnanya hijau kebiru biruan. Sementara paruhnya besar berwarna merah.

Betet merupakan salah satu dari macam macam burung peliharaan yang banyak digemari karena keindahan warnanya. Selain itu, jika ia dipelihara dan diajari sejak masih kecil, betet cukup pandai menirukan kata kata.

Baca juga: Jenis Jenis Kucing Peliharaan Populer yang Unik dan Menarik untuk Dikulik

Macam Macam Burung Peliharaan yang Harganya Terjangkau

Di pasaran, ada banyak sekali jenis burung kicau dan namanya yang sudah cukup dikenal masyarakat. Bahkan, harganya pun cukup bervariasi dari yang sangat terjangkau sampai yang puluhan juta rupiah.

Kalau kamu ingin mencari macam macam burung peliharaan berkicau yang harganya masih terjangkau, tidak perlu bingung dan khawatir lagi. Di sini ada beberapa contoh pekicau yang harganya masih murah  dan bisa kamu beli dengan mudah di pasar hewan.

1. Pleci

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung PleciSumber: Wikimedia Commons

Berbeda dengan lovebird yang memiliki beragam warna dan corak tubuh, burung murah tapi bersuara bagus yang satu ini hanya memiliki satu warna. Warnanya hanyalah hijau lumut kekuningan dengan sedikit hitam di bagian sayapnya.

Meskipun begitu, pleci terhitung cukup banyak diminati di kalangan pehobi kicauan. Tidak hanya karena suaranya yang bagus, tapi juga karena ciri khas matanya yang terlihat seolah olah mengenakan kacamata berwarna putih.

Pada dasarnya, pleci termasuk dalam macam macam burung peliharaan yang harganya terjangkau. Namun, kalau kamu sabar dan telaten dalam melatih pleci, kamu bisa membuat unggas kecil ini mengeluarkan kicauan gacor dan bisa dilombakan. Sehingga akhirnya ia bisa memenangkan lomba burung kicauan dan harganya pun naik.

2. Branjangan

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Branjangan

Branjangan memiliki kicauan yang nyaring dan pandai sekali menirukan suara kicauan dari burung lain. Padahal sebenarnya ia termasuk dalam macam macam burung peliharaan yang lebih suka hidup di area terbuka dan berumput seperti persawahan juga ladang.

Pada dasarnya, branjangan termasuk dalam bangsa Passeriformes dari famili Alaudidae yang terkenal dapat bernyanyi dengan indahnya. Kepiawaiannya dalam menirukan suara kicauan lain serta gaya bertarungnya dengan mengepakkan sayap semakin menambah kesukaan orang untuk memelihara branjangan.

Pada umumnya, harga burung ini cukup terjangkau. Namun, akan naik menjadi semakin mahal seiring dengan kualitas kicauan serta prestasinya dalam perlombaan. Bahkan, tak jarang ada yang menjualnya hingga seharga satu juta rupiah.

3. Ciblek

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung CiblekSumber: Wikimedia Commons

Jenis unggas yang satu ini sudah lama dikenal oleh masyarakat luas pehobi kicauan. Sejak tahun 1990-an, jenis unggas yang satu ini sangat mudah ditemukan di taman atau tempat yang memiliki banyak pepohonan, sama halnya seperti burung pipit.

Dikenal juga dengan nama perenjak jawa, burung kecil dengan suara lantang ini termasuk endemik Sumatra, Jawa, dan Bali. Terdapat sedikit perbedaan pada jenis ciblek jantan dan betina, terutama pada kicauannya.

Ciblek jantan akan mengeluarkan suara yang bervariasi namun monoton dengan kicauan khasnya ‘ciklak.. ciklak.. ciklak..’ dan biasanya diselingi dengan kicauan rapat ‘crecetetet..’ Jenis yang jantan biasanya juga akan langsung bereaksi begitu melihat ciblek lainnya. Sementara yang betina biasanya hanya bersuara monoton ‘ciap ciap’ hanya untuk membalas kicauan ciblek jantan.

Sayangnya, ketika kalah beradu, biasanya ciblek akan menjadi galau dan stres. Bahkan tidak sedikit terjadi kasus kematian ciblek setelah kalah beradu.

4. Gelatik

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung GelatikSumber: Wikimedia Commons

Salah satu burung murah suara mewah adalah gelatik. Burung asli Indonesia yang banyak terdapat di Sumatra, Jawa, dan Bali ini sering dibilang kecil kecil cabe rawit. Penyebabnya adalah karena posturnya kecil dan warna tubuhnya yang hanya hitam putih.

Di kalangan petani Indonesia, unggas yang satu ini sebenarnya terhitung sebagai hama padi, khususnya ketika masa padi sedang menguning di sawah. Namun, bagi para pecinta kicauan, gelatik banyak diincar karena suaranya yang khas melengking keras. Bahkan, seringkali kicauannya dijadikan sebagai isian burung lain untuk mengombinasikan suara agar menjadi lebih bervariasi.

Harganya juga cukup standar dan masih terjangkau. Pengecualian harga muncul jika kicauan gelatiknya sudah bisa gacor, maka harganya bisa mencapai Rp700.000.

5. Cipoh

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung CipohSumber: Wikimedia Commons

Salah satu dari macam macam burung peliharaan berkicau yang harganya terjangkau terakhir adalah cipo, cipow, sito, sirtu, atau cito. Unggas kecil berwarna mayoritas kuning ini sangat disukai karena keunikan suaranya.

Secara fisik, model dan corak warnanya hampir sama dengan pleci, akan tetapi ukuran badannya sedikit lebih besar. Cipoh juga bisa menjadi jinak dengan mudah pada manusia dan rajin berkicau.

Dengan kicauannya yang unik, kamu bahkan bisa juga mengikutkannya ke perlombaan kicau. Dan kalau kamu sudah melatihnya dengan benar, ada kemungkinan juga cipoh memenangkan perlombaan tersebut.

Macam Macam Burung Peliharaan dengan Harga Super Mahal

Bagi pecinta kicauan, memelihara burung kicau termahal di dunia adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Di Indonesia sendiri, ada macam macam burung peliharaan berkicau yang memiliki harga super mahal. Biasanya, harganya berkisar dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Sesuai dengan harganya, pemeliharaannya pun tentunya membutuhkan keistimewaan tersendiri. Namun, dengan segala kelebihan dari unggas pekicau itu, banyak sekali pehobi kicauan yang rela membeli macam macam burung peliharaan dengan harga yang fantastis sekalipun.

Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang hewan peliharaan berkicau dengan harga super mahal, cek saja di bawah ini. Ada beberapa jenis unggas mungil yang memiliki harga mahal tapi tetap jadi incaran pehobi kicauan, lho!

1. Kenari Yorkshire

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Kenari YorkshireSumber: Wikimedia Commons

Sebenarnya, kenari yorkshire bukanlah jenis kenari yang lahir secara alami atau murni dari salah satu wilayah di utara Inggris. Namun, kenari yorkshire merupakan hasil dari persilangan kenari lancashire dan kenari belgia.

Ketika dijual, harganya bisa mencapai 8 hingga 15 juta rupiah per satu ekornya. Namun, hal itu tidak menyurutkan keinginan pecinta kicauan untuk mengoleksi burung kecil berwarna cerah mencolok ini.

Hal ini disebabkan karena adanya beberapa keistimewaan kenari yorkshire yang membuatnya selalu diminati pehobi kicauan. Beberapa di antaranya adalah tubuhnya yang besar dan berbentuk seperti wortel terbalik dengan perpaduan warna dari kuning, oranye, putih, merah kecokelatan, hingga cokelat terang.

Sayangnya, jenis kenari yorkshire impor terhitung lumayan sulit untuk ditangkarkan karena gampang mati. Namun, kalau kamu berhasil menangkarkannya, kamu bisa meraup kesuksesan besar dari keberhasilanmu itu!

2. Cucak Rowo

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Cucak RowoSumber: Wikimedia Commons

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, cucak rowo bisa dibilang merupakan salah satu jenis burung yang tidak pernah redup ketenarannya. Secara fisik, cucak rowo tidak memiliki penampilan yang menarik, namun dari segi kicauannya cucak rowo memiliki suara khas yang keras dan jernih seolah-olah menggema.

Maka sangat wajar jika banyak sekali pecinta kicauan yang mengidamkan cucak rowo karena selain unik, harga jualnya juga jutaan rupiah. Tak jarang ada beberapa orang yang sampai download macam macam suara burung demi mendengarkan kicauan indahnya.

Yang membuat cucak rowo memiliki harga jual yang mahal adalah karena penangkarannya yang terhitung tidak mudah. Cucak rowo harus benar benar mendapatkan perlakuan dan perawatan secara eksklusif agar tidak gampang stres.

3. Murai Batu

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Murai BatuSumber: Wikimedia Commons

Hewan yang disebut juga kurica hutan ini merupakan macam burung peliharaan yang tersebar di Pulau Sumatra. Ia menjadi primadona di dunia hobi kicau karena memiliki karakter suara yang merdu, menggema dan mengesankan. Bahkan, karena kelebihannya itu ia sempat mendapatkan penghargaan terbaik pada tahun 1947 dari Jean Delacour, seorang ahli ornitologi Amerika.

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi para pemilik murai batu ini. Karena untuk sekarang, murai batu memiliki harga yang terus naik. Bahkan, untuk yang sudah berumur dan sudah sering mengikuti lomba, harganya bisa mencapai 10 juta rupiah.

Gayanya yang ngotot dengan suara merdu dan lantang adalah modal utama murai batu. Ia juga termasuk dalam burung pintar karena mampu menirukan suara kicau lain yang ada di dekatnya.

Sayangnya, sekarang ekosistemnya semakin berkurang dan dinyatakan nyaris punah. Hingga di daerah asalnya, Sumatra, murai batu termasuk dalam burung yang dilindungi.

4. Lovebird Parblue

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Lovebird ParblueSumber: Wikimedia Commons

Pesona burung kecil dengan suara keras yang satu ini hingga kini masih tetap eksis di kalangan pecinta kicauan. Semua itu terjadi karena harga jual dari lovebird ini selalu stabil. Bahkan, beberapa di antara jenisnya kini dipatok dengan harga yang cukup fantastis per ekornya.

Salah satu jenis lovebird yang memiliki harga jual yang cukup tinggi adalah lovebird parblue. Salah satu dari macam macam burung peliharaan mahal ini harganya berkisar dari 3 hingga 5 juta rupiah per ekor.

Sekilas, lovebird yang satu ini tidak memiliki perbedaan dengan jenis lovebird pada umumnya. Namun, jika dilihat dari warnanya, lovebird parblue memiliki perpaduan warna yang sangat langka yaitu kuning di bagian kepala dengan paruh jingga dan tubuhnya yang berwarna biru.

Kombinasi warna tersebut hanya bisa didapatkan karena faktor keberuntungan saja. Sehingga pada akhirnya, menjadikan lovebird parblue terhitung langka dan harga jualnya menjadi melonjak.

5. Lovebird Madagaskar

Macam Macam Burung Peliharaan - Burung Lovebird MadagaskarSumber: Wikimedia Commons

Burung kecil dengan suara merdu yang satu ini sebenarnya keberadaannya terhitung sangat sulit ditemukan di Indonesia. Penyebabnya adalah, seperti halnya namanya, lovebird madagaskar ini sebenarnya merupakan lovebird endemik dari wilayah Madagaskar.

Yang membedakannya dari lovebird pada umumnya adalah keistimewaan paruhnya. Layaknya elang yang memiliki paruh tajam dan melengkung di bagian ujungnya, lovebird madagaskar juga memiliki bentuk yang nyaris sama namun lebih kecil.

Salah satu yang menyebabkan lovebird madagaskar ini langka adalah karena jumlah yang telah ditetapkan untuk mengimpornya kini semakin dibatasi. Hal ini dilakukan demi menjaga jumlah populasi di habitat aslinya.

Selain itu, lovebird madagaskar ini merupakan salah satu jenis lovebird yang pemalu dan sangat sensitif dengan keberadaan manusia. Oleh karenanya ia terhitung cukup susah untuk ditangkarkan dan menjadikan harga jualnya cukup tinggi.

Manfaat Memelihara Burung Peliharaan di Rumah

Memelihara burung memang menjadi salah satu hobi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tentu saja karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara burung di rumah.

Selain unggas yang satu ini juga bisa memiliki nilai tinggi untuk dijual kembali atau diikutkan lomba, suara kicauannya juga bisa membuat rileks dan menurunkan stres. Tentunya siapa sih yang nggak mau bisa merasa rileks hanya dengan memelihara unggas yang satu ini?

Kalau kamu berminat untuk memelihara burung juga di rumah, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik, ya! Lebih bagus lagi kalau kamu berhasil melatihnya dan akhirnya bisa memenangkan perlombaan kicauan! Jadi, rawat baik-baik, ya, burung peliharaan milikmu itu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *