Merpati Balap Asal Belgia Catat Rekor dengan Harga Jual Fantastis Rp 26,9 Miliar

Bukan cuma orang Indonesia saja yang gemar balap burung. Warga China nyatanya juga gemar balap burung. Balap burung memang menjadi olahraga yang tengah digemari di sana.

Mereka pun tak ragu untuk membeli burung merpati dengan harga yang super mahal. Seorang penggemar balap merpati China yang kaya mencatat rekor harga 1,6 juta euro (US$ 1,9 juta atau Rp26,9 M) untuk burung yang dibesarkan di Belgia. Burung itu diberi nama New Kim.

Selama setengah jam terakhir di pelelangan burung merpati, pada Minggu (15//11) dua penawar China yang memakai nama samaran Super Duper (diperkirakan sebagai seorang pengusaha China) dan Hitman menaikkan harga sebesar 280 ribu euro (US$ 325 ribu atau Rp4,6 M), meninggalkan rekor sebelumnya dengan harga burung merpati keturunan Belgia, Armando yang dilelang tahun lalu seharga 350 ribu euro (US$ 406 ribu atau sekitar Rp5,7 M).

Dikutip dari AP, pada kesempatan ini, peternak sukses Gaston Van de Wouwer pensiun pada usia 76 dan putranya terlalu sibuk dalam kehidupan profesional untuk melanjutkan peternakan merpati yang terkenal. Semua 445 burung dilelang dan penjualan keseluruhan sudah melampaui 6 juta euro (US$ 7 juta). Bagian kedua dari pelelangan akan berakhir pada hari Senin, tetapi tidak memasukkan burung yang bisa menandingi New Kim.

Orang Belgia telah lama menonjol sebagai peternak terbaik, baik karena pengalaman generasi mereka yang panjang dan kepadatan jaringan sehingga banyak peternak dapat mengatur balapan secara berdekatan. Namun, ini bukan upaya jangka pendek, karena menjadi ahli dalam pemuliaan genetik dengan pencampuran dan perkawinan burung yang konstan membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun. Burung-burung merpati ini pun bisa hidup hingga 15 tahun.

“Semua orang tertarik pada merpati kami,” Pascal Bodengien, kepala federasi merpati Belgia.
<
Setelah Perang Dunia II, Belgia memiliki lebih dari 250 ribu anggota di federasi peternak merpati. Sekarang ada 18 ribu. Pembiakan merpati menuntut perhatian terus-menerus, setiap hari sepanjang tahun. Tuntutan itu telah membuat banyak orang modern menjauh, dah membuat olahraga balap merpati ini menurun.

“Untuk menjadi yang terbaik, itu harus menjadi pekerjaan hidup Anda. Bagi sebagian orang, ini mungkin tampak membosankan. Sepanjang hari. Musim dingin dan musim panas, selalu burung merpati, “katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *