Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Murai Macet Bunyi? Yuk Intip Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2 min read

Murai Macet Bunyi, Yuk Intip Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Bagi pecinta burung kicau, murai bukan lagi jenis yang asing. Pasalnya, burung ini memiliki kicauan yang indah, sehingga menarik untuk dipelihara dan diperlombakan. Terlebih, harga jualnya juga tinggi, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Burung murai atau yang dikenal dengan murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak diminati oleh pecinta burung kicau. Pasalnya, burung ini termasuk burung yang cerdas dan memiliki harga jual yang tinggi. tidak heran jika burung ini banyak dipelihara. Akan tetapi, burung cerdas ini juga bisa macet bunyi. Yuk kenali cara mengatasi murai macet bunyi!

Penyebab Burung Murai Macet Berbunyi

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi burung murai yang enggan berbunyi, maka anda juga perlu mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkannya. Dengan demikian, anda lebih mengerti kemungkinan yang dialami oleh burung murai dan bisa memberikan perawatan yang tepat. Setidaknya terdapat 3 penyebab utama murai berhenti berbunyi.

Penyebab yang pertama adalah stres. Tidak hanya manusia, burung pun bisa stres dan penyebab dari kondisi tersebut juga berbeda-beda. Ada yang stres karena terganggu dengan kehadiran burung lain, ada ancaman predator, atau faktor lingkungan yang tidak nyaman. Apabila burung murai yang anda pelihara mengalami stres, maka anda bisa berfokus untuk menyingkirkan penyebabnya.

Penyebab yang sering dialami oleh burung murai yang macet bunyi adalah sakit. Seperti halnya manusia yang sakit menjadi lebih banyak diam, burung murai pun sama. Sakit bisa menjadikan murai macet bunyi, padahal sebelumnya sudah gacor. Hal ketiga yang bisa menyebabkan burung murai macet berbunyi adalah sedang mabung.

Mabung adalah proses berganti bulu dari yang lama menjadi bulu yang baru. Semua jenis burung yang sedang mabung umumnya akan menjadi lebih diam daripada biasanya. Selain itu, burung juga lebih malas untuk bergerak dan beraktivitas. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon di dalam tubuh burung.

Beberapa penyebab di atas bisa memicu burung murai berhenti berbunyi padahal sebelumnya sudah gacor. Masing-masing penyebab tentu memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi anda mengetahui apa penyebab dari burung murai yang macet bunyi, sehingga anda bisa memberikan perawatan yang tepat.

Cara Mengatasi Murai Macet Bunyi

1. Memindahkan ke Tempat yang Sepi dan Tenang

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung murai yang macet bunyi adalah dengan memindahkannya ke tempat yang lebih sepi dan tenang. Cara ini bisa anda gunakan jika burung murai yang anda pelihara berhenti berbunyi karena stres yang dialaminya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika stres yang dialami burung murai juga berbeda-beda.

Ada yang stres karena faktor lingkungan, terganggu dengan kehadiran burung lain, atau ada ancaman dari predator. Untuk mengetahui penyebab pastinya, anda perlu mencari tahu manakah kondisi yang menyebabkan burung murai berhenti berbunyi. Jika stresnya karena faktor lingkungan, anda bisa memindahkannya ke tempat yang baru.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Murai Batu Hilang Mental dengan Cepat

Begitu juga dengan ancaman predator atau kehadiran burung lain yang mengganggu. Selain itu, anda juga perlu mengkerodong penuh sangkarnya sembari memperdengarkan alunan musik yang tenang, seperti suara air supaya burung murai kembali tenang. Dengan demikian, penyebab murai macet bunyi dapat diatasi dengan tepat.

2. Memberikan Ekstra Fooding

Memberikan ekstra fooding berupa jangkrik dan media bisa menjadi solusi untuk burung murai yang berhenti gacor karena sakit. Burung yang sakit memang akan lebih banyak diam daripada sebelumnya. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa bertambah parah dan menyebabkan burung mati. Untuk itu, anda bisa menambahkan makanan yang lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, kebersihan kandang juga perlu diperhatikan supaya tidak ada virus, bakteri, atau jamur yang bersarang di dalamnya. Air minum yang diberikan kepada burung murai juga harus diperhatikan kebersihannya dan ganti secara rutin. Ketika murai sedang sakit, anda tidak perlu memandikannya terlebih dahulu hingga kondisinya pulih.

Anda cukup menjemurnya saja selama 15 menit setiap pagi, kemudian dikerodong kembali dan diletakkan di tempat yang tenang. Jangan lupa untuk memberikan vitamin tambahan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk membuat kesehatannya cepat pulih seperti sedia kala dan kembali gacor.

3. Memberikan Perawatan Secara Rutin

Cara yang satu ini bisa anda gunakan jika burung murai macet bunyi karena sedang mabung. Saat dalam kondisi mabung, terjadi perubahan hormon di dalam tubuh burung yang membuatnya lebih malas untuk bergerak, begitu pula untuk berbunyi. Tidak ada cara khusus dalam hal ini.

Anda hanya perlu memberikan perawatan seperti biasa secara rutin agar kondisi kesehatannya tetap terjaga. Sebab, burung murai yang berhenti gacor karena mabung akan kembali seperti sedia kala apabila proses mabungnya sudah selesai. Untuk itu, anda cukup memberikan perawatan rutin saja.

Untuk mengatasi murai yang berhenti gacor, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika anda sudah mengetahui penyebabnya, maka bisa lebih mudah untuk memberikan penanganan yang tepat. Beberapa cara di atas bisa anda lakukan jika burung murai yang anda pelihara berhenti gacor.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau