Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

5 Cara Mengatasi Murai Jinak Atau Murai Ngelowo, Dijamin Ampuh

2 min read

5 Cara Mengatasi Murai Jinak Atau Murai Ngelowo, Dijamin Ampuh

Anda perlu tahu, bahwa memelihara burung murai dan burung kicauan lainnya tidaklah mudah. Anda harus menguasai berbagai teknik untuk membuat mereka menjadi burung juara di setiap kontes. Namun ada kalanya, si burung terlihat ngelowo dan lemas. Lantas bagaimana cara mengatasi murai jinak atau murai ngelowo? Yuk simak selengkapnya di sini!

Cara Mengatasi Murai Jinak Atau Murai Ngelowo

1. Menambah Porsi Ekstra Fooding

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberi pakan tambahan seperti jangkrik dan ulat kandang. Anda juga dapat menambahkan kroto sebagai EF. Cara tersebut cukup ampuh, karena memang pakan ini dapat meningkatkan staminanya. Adapun rekomendasi pemberian jangkrik kepada burung murai adalah sekitar 5 ekor per hari.

Sedangkan, untuk EF lain seperti ulat kandang, anda bisa memberikan si burung setengah sendok ulat setiap harinya. Jumlah tersebut juga tidak boleh terlalu berlebihan karena dapat memicu over birahi. Pada intinya, usahakan anda mengikuti cara memelihara burung murai yang telah direkomendasikan. Dengan begitu, mereka akan menjadi burung yang sehat dan cerdas.

2. Menambah Porsi Mandi

Terkadang, burung murai yang ngelowo disebabkan oleh over birahi. Jika itu ada masalahnya, maka anda harus mencari cara untuk menurunkan birahinya. Salah satu cara yang biasa digunakan adalah dengan menambah porsi mandi si burung. Saat gejala OB nya parah, maka anda bisa memandikan mereka 3 kali sehari agar lebih cepat stabil.

Langkah ini dapat menurunkan suhu tubuh burung murai menjadi lebih rendah. Dengan begitu, birahi yang dimilikinya juga akan mengalami penurunan. Alhasil, kondisi mereka akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Namun cara mengatasi murai jinak atau murai ngelowo ini juga tidak boleh dilakukan terus menerus, karena tidak baik untuknya.

3. Rutin Mengumbar Burung Murai

Anda juga perlu lebih sering mengumbar burung murai agar tidak ngelowo. Kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangatnya. Burung murai tidak akan terlihat lemas karena rasa stress yang juga akan berkurang.  Jika sebelumnya anda hanya mengumbarnya seminggu sekali, maka saat ini umbarlah mereka 3 kali seminggu. Agar lebih cepat pulih, berilah tempat mandi di sana.

BACA JUGA : 5 Tips Agar Murai Gacor Di Rumah Dan Di Gantangan

Sejatinya, memelihara burung murai bukan hanya membesarkan ukuran mereka saja. Anda juga perlu memperhatikan kesehatan mentalnya. Akan sangat disayangkan jika burung ngelowo dan enggan berkicau. Pada titik tertentu, bukan tidak mungkin jika kondisinya semakin drop. Tentu kondisi ini harus dihindari karena mengembalikannya seperti semua akan jauh lebih sulit.

4. Melakukan Pengembunan

Anda juga tidak boleh malas mengembunkan si burung. Proses pengembunan ini penting agar mereka menjadi tidak stress. Mereka juga tidak akan mengalami gejala over birahi. Selain baik untuk mentalnya, pengembunan ini juga penting agar mereka bisa mendapatkan udara yang bersih dan mendinginkan suhu tubuhnya secara alami.

Rutin melakukan pengembunan adalah hal yang perlu untuk diperhatikan. Apabila anda tidak memiliki waktu di pagi hari, maka anda bisa melakukan cara mengatasi murai jinak atau murai ngelowo ini di malam hari. Adapun waktu terbaiknya adalah selepas maghrib hingga pukul 9 malam. Anda tidak boleh membiasakan diri untuk meletakkan burung murai terus di dalam rumah.

Selain mengatasi ngelowo, pengembunan ini juga baik untuk menjaga sistem pernapasannya. Burung yang selalu mendapat udara segar akan memiliki suara yang lantang dan jernih. Mereka juga akan lebih gacor sehingga semakin besar kemungkinannya untuk menang di arena kicau. Namun perlu digaris bawahi, anda juga tidak boleh terus memaksa mereka untuk berlomba.

5. Membatasi Kebiasaan Melombakan Murai

Adal kalanya, burung menjadi ngelowo karena terlalu sering diadu. Perlu anda ingat, bahwa burung murai juga memerlukan waktu untuk beristirahat dan mengembalikan staminanya. Langkah tersebut juga penting untuk menjaga kesehatan mental mereka. Jika staminanya sudah kembali, barulah anda bisa melakukan hal tersebut.

Adapun waktu jeda yang direkomendasikan agar burung tidak ngelowo adalah tujuh hari. Anda tidak boleh termakan nafsu untuk terus saja memberikan beban yang berat kepada burung murai. Adapun jadwal latber yang direkomendasikan untuk murai adalah 1 minggu sekali saja. Oleh karena itu, cobalah untuk mematuhi aturan tersebut.

Cara mengatasi murai jinak atau murai ngelowo yang telah disebutkan sebelumnya perlu anda pahami dengan baik. Akan sangat disayangkan jika burung yang anda pelihara mengalami hal tersebut. Takutnya, si burung menjadi semakin drop sehingga semakin sulit untuk mengembalikan mood nya seperti sedia kala. Kesehatannya juga bisa menurun dan rentan sakit.

Itulah beberapa informasi yang perlu anda ketahui terkait dengan 5 cara mengatasi murai ngelowo. Menjaga birahi dan semangat barung adalah hal yang baik karena dapat membuat mereka lebih gacor. Namun anda juga tidak boleh memaksa mereka untuk terlalu sering terjun ke perlombaan. Hal tersebut malah akan membuatnya stress dan nglowo.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.