Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

6 Cara Membuat Murai Batu Fighter

2 min read

6 Cara Membuat Murai Batu Fighter

Burung murai batu memang terkenal sebagai burung dengan kicauan yang merdu dan indah. Akan tetapi, burung dengan kicauan yang indah ini juga termasuk tipe burung petarung. Oleh karena itu mental fighter burung murai batu sangatlah penting untuk dibentuk. Untuk itu, yuk kenali 6 cara membuat murai batu fighter dengan cepat dan tepat!

6 Cara Untuk Membuat Burung Murai Batu Bermental Fighter dengan Cepat

1. Melakukan Olahraga atau Umbaran

Meski termasuk tipe burung petarung, namun tidak semua burung murai batu memiliki mental sebagai fighter. Oleh karena itu, anda perlu membentuknya dengan beberapa cara, yang pertama adalah dengan melakukan olahraga atau umbaran secara rutin. Kurangnya umbaran juga bisa menjadi salah satu penyebab burung murai batu kurang lincah atau kurang fighter.

Untuk itu, anda perlu menyediakan kandang umbaran yang luas, kemudian latih burung murai batu peliharaan anda di dalam kandang tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih kekuatan napas burung murai batu. Selain itu, mental fighter-nya juga dapat terbentuk dengan sendirinya. Pastikan burung murai mendapatkan pelatihan secara rutin.

2. Memberikan Suplemen Vitamin

Kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebab burung murai batu menjadi kurang fighter. Hal ini dikarenakan kondisi tubuhnya kurang fit, sehingga tidak bisa agresif dalam bertarung. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan cara membuat murai batu fighter dengan memberikan suplemen vitamin sebagai tambahan vitamin diluar makanan rutinnya.

Hal ini juga sekaligus berfungsi untuk menjaga kondisi kesehatan dan tubuhnya tetap bugar. Anda bisa memberikan suplemen vitamin khusus untuk burung selama 2 kali dalam seminggu. Dengan demikian, kondisi kesehatannya dapat terjaga dan lebih fit untuk bertarung. Selain itu, pemberian vitamin ini juga bisa membantu burung murai terhindar dari penyakit.

3. Memberikan Extra Food

Makanan juga memberikan pengaruh yang cukup signifikan untuk membuat burung murai tetap bugar. Anda bisa memberikan extra food berupa jangkrik atau kroto ketika pagi dan sore hari sebagai kebutuhan makanan utamanya. Sebagai makanan tambahan, anda bisa memberikan ulat Hongkong selama 1 kali dalam seminggu, terutama ketika musim penghujan.

BACA JUGA : manfaat embun pagi untuk murai batu

Selain makanan berupa jangkrik, kroto, atau ulat Hongkong, memberikan voer juga sangat bagus untuk menambah nutrisi untuk burung murai batu. Pasalnya, voer adalah makanan khusus burung yang diformulasikan penuh dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan burung murai batu anda. Akan tetapi, dalam memberikan makanan harus disesuaikan dengan karakter murai batu anda.

Sebab, setiap murai batu memiliki karakter yang berbeda, sehingga cara membuat murai batu fighter melalui makanan pun juga berbeda. Dengan memberikan extra food yang tepat untuk murai batu peliharaan anda, maka kondisi kesehatannya akan baik dan mentalnya lebih terasah sebagai burung petarung.

4. Melakukan Penjemuran dan Pengembunan

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk membuat burung murai batu fighter adalah dengan melakukan penjemuran dan pengembunan. Penjemuran sangatlah penting untuk menjaga kondisi kesehatan burung murai batu peliharaan anda. Setelah memandikannya di pagi hari, anda bisa menjemur murai baru selama 30 menit hingga 3 jam mulai jam 7 pagi.

Sementara itu, pengembunan dilakukan sekitar jam 5 pagi sebelum anda memandikannya. Mengapa burung murai batu perlu melakukan pengembunan? Pengembunan untuk murai batu dilakukan supaya burung dengan kicau yang indah ini mendapatkan oksigen yang bersih karena masih pagi, sehingga kicauannya akan lebih indah lagi.

Cara Membuat Murai Batu Fighter dengan Buka Tutup Kerodong

Selain keempat cara di atas, anda juga perlu melakukan pelatihan mental fighter untuk burung murai peliharaan anda sebanyak 2 kali dalam seminggu. Caranya adalah dengan meletakkan burung murai di dalam sangkar, kemudian dikerodong. Setelah itu, letakkan burung murai lain di dekat sangkar burung murai batu peliharaan anda.

Kemudian, buka kerodong sedikit dan tunggu hingga burung murai batu peliharaan anda mengeluarkan trek. Apabila burung murai batu sudah mengeluarkan trek, anda bisa menutup kembali kerodong sangkar dan membiarkannya berkicau selama beberapa menit. Kemudian, buka kembali kerodong selama beberapa detik, lalu pindahkan ke tempat yang sepi dan tenang.

Cara ini berguna untuk melatih mental burung murai batu agar lebih agresif saat bertarung. Melatih mental burung murai batu jauh lebih penting daripada menambah variasi suaranya. Sebab, ketika murai batu kurang garang, maka hanya akan menjadi petarung rumahan saja. Untuk itu, beberapa cara membuat murai batu fighter di atas bisa anda lakukan secara rutin.

Selain memiliki kicauan yang indah, murai batu juga termasuk burung tipe petarung yang harus fighter. Akan tetapi, tidak semua burung murai batu memiliki mental fighter, sehingga anda perlu membentuknya dengan beberapa cara di atas. Anda bisa melakukannya secara rutin agar mental fighter burung murai batu terbentuk.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.