Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

6 Cara Menurunkan Birahi Kacer Agar Tidak Mbagong Dan Terlihat Prima

2 min read

6 Cara Menurunkan Birahi Kacer Agar Tidak Mbagong Dan Terlihat Prima

Burung kacer yang sedang mengalami masa over birahi menunjukkan tanda tanda yang diluar kebiasaan sehari harinya. Adapun gejala yang dimaksud adalah jalannya terlihat mbagong dan sering sekali mematuk kakinya sendiri. Jika burung kacer kesayangan anda mengalami hal yang serupa, yuk ikuti 7 cara menurunkan birahi Kacer berikut!

Cara Menurunkan Birahi Kacer Yang Pasti Berhasil

1. Jumlah Pemberian EF Yang Diubah

EF atau extra fooding merupakan makanan sehat kaya nutrisi yang dapat meningkatkan birahi burung. jika anda ingin menurunkan birahi kacer, maka batasi pemberian EF. Bagi anda yang belum tahu, jenis jenis EF diantaranya adalah kroto, ulat hongkong, dan jangkrik. Pemberian serangga serangga itu bisa anda hentikan sementara waktu, sekitar 1 minggu. 

Setelah tidak makan EF, burung bisa anda beri voer sebagai pelengkap nutrisinya. Voer dikenal sebagai salah satu pakan yang biasa dipakai untuk menurunkan birahi kacer. Voer ini mampu mensubstitusi protein dari serangga karena kandungan yang ada di dalamnya tidak kalah tinggi. Agar penurunan birahi lebih cepat, anda bisa menyelingi pemberian voer dengan pisang dan pir. 

2. Memberi Terapi Pengembunan

Burung kacer yang mengalami over birahi juga dapat diberi terapi pengembunan. Langkah ini dikenal sangat ampuh untuk menstabilkan emosi burung. Akan tetapi, pengembunan ini tidak boleh hanya dilakukan sebanyak satu kali. Terus lakukan cara ini secara rutin, setidaknya selama 1 minggu ke depan. Adapun waktu terbaik untuk pengembunan adalah 04.30 hingga 06.30.

BACA JUGA : Penyebab Kacer Bagong Saat di Gantang

Selain menurunkan birahi, pengembunan burung kacer juga dapat membuat burung lebih sehat. Lama kelamaan, suaranya menjadi lebih lantang dan gacor. Tidak heran jika cara menurunkan birahi kacer ini sering diterapkan. Kondisinya yang menjadi lebih gacor dan bersemangat akan meningkatkan peluang mereka untuk menang di setiap pertandingan. 

3. Terapi Mandi Malam

Selian pengembunan, cobalah untuk memberikan teai malam kepada si burung. Langkah ini dilakukan agar proses penstabilan birahi menjadi lebih cepat. Sesuai dengan namanya, waktu terbaik bagi anda untuk memberikan terapi ini pada burung adalah sekitar pukul 10 atau 11 malam. Mandikan mereka dengan cara menyemprotnya menggunakan prayer. 

Meskipun sangat ampuh, anda pun tidak boleh asal dalam melakukan hal yang satu ini. Pastikan bahwa burung sedang fit dan tidak terlihat lemas. Jika kondisinya sedang tidak baik, akan lebih bijak jika anda menunda treatment tersebut untuk sementara waktu. Gunakan langkah langkah lain yang lebih aman dan tidak berpotensi memperparah keadaannya. 

4. Lebih Sering Memandikan Kacer

Cara menurunkan birahi burung Kacer yang berikutnya adalah dengan lebih sering memandikannya. Jika biasanya burung mandi 1 kali sehari, maka kali ini harus dimandikan 2 kali sehari. Meskipun banyak yang bilang mandi malam lebih ampuh, namun langkah ini juga tetap memberikan hasil yang memuaskan, selama anda melakukannya secara teratur. 

Melihat kondisi burung yang sedang OB, menyemprotnya dengan sprayer saja kurang afdol. Anda perlu memasukkan keramba mandi ke dalam sangkarnya. Dengan begitu, durasi dari cara menurunkan birahi Kacer ini menjadi lebih lama. Mereka pun menjadi lebih nyaman karena dapat berendam hingga semua tubuhnya basah secara merata. 

5. Tidak Menjemur Kacer

Tidak dapat dipungkiri jika memang menjemur kacer adalah hal yang baik untuk kesehatannya. Namun kondisinya yang sedang over birahi tidak baik jika dijemur terlebih dahulu. Anda bisa menghentikan kegiatan ini selama beberapa saat hingga kondisinya membaik. Lantas bagaimana jika burung baru saja mandi? Maka cukup angin anginkan saja di tempat yang teduh.

Tunggu hingga bulunya menjadi kering setelah beberapa saat. Meskipun memerlukan waktu lama, namun anda memang harus melakukannya. Jika diangin anginkan, maka suhu tubuh burung akan meningkat secara perlahan. Lain halnya jika anda menjemur mereka. Suhu tubuh akan meningkat secara tajam dan malah membuat emosinya tidak stabil.

6. Kacer Diumbar

Proses pengumbaran menjadi langkah berikutnya yang dapat anda lakukan jika burung kacer kesayangan anda mengalami OB. Dengan mengumbarnya, maka si burung dapat bergerak dengan bebas. Mereka pun bisa melatih otot ototnya dengan terbang kesana kemari di dalam umbaran. Pernapasannya pun bisa menjadi lebih baik. 

Seluruh keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya akan secara perlahan menurunkan emosinya. Tidak heran jika cara menurunkan birahi Kacer ini sangat direkomendasikan. Lama lama, kondisi burung menjadi lebih stabil dibandingkan dengan sebelum diumbar. Namun untuk hasil yang lebih baik, anda tetap harus mengkombinasikan langkah ini dengan yang lain. 

Itulah informasi terkait dengan cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan birahi burung kacer. Anda tidak boleh membiarkan kondisinya terus berada di level OB dalam jangka waktu yang lama. akan semakin sulit bagi anda untuk mengembalikannya seperti semula. Oleh karena itu, upayakan yang terbaik agar birahinya cepat turun dan kondisinya kembali pulih seperti semula. 

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.