Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Tidak Sembarangan, Yuk Cek 6 Cara Merawat Burung Poksay Hongkong Yang Benar

2 min read

Tidak Sembarangan, Yuk Cek 6 Cara Merawat Burung Poksay Hongkong Yang Benar

Merawat burung kesayangan hingga menjadi peliharaan yang sehat dan gacor adalah keinginan semua orang, termasuk pemelihata jenis poksay hongkong. Oleh karena itu, anda perlu tahu apa yang menjadi kiat sukses merawat mereka secara detail. di kesempatan kali ini, yuk cari tahu cara merawat burung poksay hongkong yang benar dan aman.

Daftar Cara Merawat Burung Poksay Hongkong

  1. Melakukan Pengembunan

Aktivitas pertama yang perlu anda dilakukan oleh burung poksay adalah pengembunan. Langkah ini cukup sederhana, karena anda hanya perlu mengeluarkan mereka di waktu subuh, agar menghirup udara segar. Udara yang masih sangat bersih membuat tenggorokan mereka lebih lega dibandingkan dengan sebelumnya. Alhasi, burung bisa semakin gacor dan gemar ngoceh.

Saat sedang diembunkan, anda bisa memberikan pakan kepada burung berupa dua ekor ulat bambu dan multivitamin. Jika tidak ada ulat bambu, anda bisa menggantinya dengan kroto. Kemudian tambah lagi asupannya dengan buah buahan. Pilih saja jenis buah yang mudah ditemukan, seperti pepaya dan pisang.

  1. Rutin Memandikan Burung

Bukan hanya manusia yang perlu mandi untuk membersihkan tubuh, si burung juga membutuhkan hal yang sama. Waktu terbaik untuk memandikan poksay adalah setelah matahari terbit. Waktu tersebut perlu diperhatikan, agar burung tidak kedinginan. Cara terbaik untuk memandikan poksay adalah dengan menggunakan alat bantu berupa sprayer.

BACA JUGA : Makanan Burung Poksay Hongkong Agar Sehat Dan Gacor

Hindari menggunakan selang secara langsung karena debit air yang terlalu keras. Hal tersebut akan membuat si burung merasa tidak nyaman. Apabila anda sedang sibuk, tidak ada salahnya jika menggunakan keramba. Anda hanya perlu meletakkan burung di dalam sangkar tersebut agar mereka bisa mandi dengan sendirinya.

  1. Angin Anginkan Burung Hingga Kering

Setelah selesai dimandikan, cara merawat burung poksay hongkong yang berikutnya adalah menjemur burung poksay hingga kering. Jangan sampai anda kembali memasukkannya ke dalam rumah, jika bulunya masih basah. Hal tersebut akan membuat si burung mengalami gangguan kesehatan. Saat hendak menjemur burung, letakkan saja sangkarnya di tempat yang sedikit teduh dan terpapar angin seara langsung.

Anda tidak perlu meletakkannya persis di bawah sinar matahari. Selama proses penjemuran, anda bisa memberinya pakan berupa jangkrik dan ulat hongkong. Adapun takaran untuk jangkrik adalah sekitar tiga sampai lima ekor, sedangkan ulat hongkong cukup dua saja. Takaran tersebut adalah rekomendasi terbaik, sehingga anda harus mengikutinya dan jangan sampai berlebihan.

  1. Berikan Treatment Mandi Hujan

Tips lain bagi anda yang memiliki poksay hongkong di rumah agar burung tetap besengata adalah memberinya treatment mandi hujan. Biarkan si burung rasakan tetesan air hujan mengguyur tubuhnya selama beberapa menit. Langkah ini ternyata bisa melepas burung dari rasa stress. Alhasil, mereka bisa menjadi burung yang lebih gacor setiap harinya.

Meskipun si burung sangat menyukai aktivitas ini, bukan berarti anda wajib melakukannya secara setiap hari. Setidaknya cukup lakukan dua sampai tiga kali seminggu. Kesempatan itu sudah cukup dan sesuai dengan kebutuhan burung. Saat melakukan cara merawat burung poksay hongkong ini, anda tidak boleh meninggalkan mereka begitu saja. Takutnya malah lupa dan tidak memasukkannya kembali.

  1. Beri Multivitamin

Selain pakan berupa kroto, ulat hongkong, dan voer, burung perlu tambahan nutrisi dari multivitamin. Anda bisa membeli produk tersebut di toko burung terdekat. Saat ini produk tersebut tidak sulit untuk dicari, bahkan merekanya snagat beragam. Kisaran harganya juga bervariasi, sehingga anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Apabila bingung menentukan mana yang paling sesuai, anda boleh bertanya pada si penjual. Mereka pasti lebih tahu produk mana yang cocok untuk poksay. Setelah membawanya pulang, anda harus membaca takaran pemberiannya dengan baik. pemberian yang terlalu banyak malah bisa mengganggu kesehatan burung.

  1. Selalu Ganti Air Minum Setiap Harinya

Kesehatan poksay tidak hanya terpengaruh oleh makanan nya saja. mereka pun perlu minuman yang sehat agar tubuhnya tidak terserang penyakit. Oleh karena itu, biasakan untuk mengganti air minumnya setiap hari, meskipun masih ada sisa. Cuci bersih wadah dengan sabun dan keringkan sebelum digunakan. Dengan begitu, air minum yang ada di dalamnya akan tetap bersih.

Dalam beberapa kasus, masalah kesehatan pada burung poksay terjadi akibat parasit yang hidup di air. Tidak heran jika cara merawat burung poksay hongkong ini sangat dianjurkan. Apabila kesehatan burung bermasalah, mau tidak mau anda harus mereka ke klinik hewan. Langkah ini lebih baik, daripada anda mengandalkan diagnosis sendiri dan memberikan suplemen atau obat secara sembarangan.

Itulah sekilas penjelasan terkait dengan tips atau cara perawatan burung poksay yang baik dan benar. Untuk menambah referensi, anda bisa saling sharing dengan sesama pecinta burung yang juga mengoleksi poksay di rumahnya. Dengan begitu, setiap langkah yang anda ambil untuk burung benar benar terukur dan berdasarkan pengalaman dari orang lain.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.