Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

6 Cara Merawat Burung Prenjak Yang Penting dan Harus Pemula Ketahui

2 min read

6 Cara Merawat Burung Prenjak Yang Penting dan Harus Pemula Ketahui

Burung prenjak sebenarnya tidak kalah populer dibandingkan jenis burung yang lain. Burung tersebut memiliki ukuran tubuh yang kecil namun memiliki jiwa petarung yang sangat tinggi. Tidak heran jika kemudian mereka sering menang di berbagai pertandingan. Bagi anda yang tertarik memilikinya, yuk simak cara merawat burung prenjak yang baik dan benar sebagai berikut,

Cara Merawat Burung Prenjak Agar Sehat dan Gacor

1. Mengelola Pemberian Pakan

Burung prenjak memiliki kicauan yang keras. Bahkan suaranya mengalahkan kicauan dari jenis burung yang lain. Pecinta burung sebenarnya sudah tidak asing dan kaget dengan fakta tersebut, dibalik tubuhnya yang mungil terdapat kekuatan yang besar. Namun itu semua hanya bisa terjadi, jika anda berhasil merawatnya dengan baik. 

Kegiatan pertama yang masuk dalam tahapan perawatan adalah memberikan pakan yang baik. faktor yang satu ini bisa dibilang memegang peran penting dalam keberhasilan pemeliharaan prenjak. Agar gacor, anda perlu menambah asupan nutrisi yang berasal dari berbagai jenis makanan. Hingga saat ini, voer dan kroto masih menjadi menu yang diandalkan. 

Selain itu, berikan pula air minum yang bersih setiap harinya. Meskipun di dalam mangkuk airnya masih sisa, lebih baik anda buang airnya dan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa untuk rajin mencuci wadah tersebut agar kualitas air yang ada di dalamnya tidak tercemar. Akan sangat disayangkan jika burung perliharaan anda kesehatannya menurun. 

2. Memberi Makanan Tambahan

Selain memberikan asupan nutrisi dasar bagi burung, anda juga perlu memberikannya pakan tambahan agar staminanya jauh lebih kuat. Pakan tambahan ini sering dikenal dengan sebutan EF. Pakan tersebut berasal dari jenis serangga dan ulat yang memiliki kandungan protein tinggi. Namun perlu diingat, cara merawat burung prenjak ini tidak boleh asal asalan

Burung prenjak yang terlalu banyak mengkonsumsi EF bisa mengalami over birahi. Jangkrik adalah jenis EF yang paling sering diberikan. Jumlah konsumsi dalam satu kali makan hanya sekitar 2 ekor saja. Pemberiannya dilakukan di pagi dan sore hari. Hilangkan bagan kepala dan kaki jangkrik agar burung kesayangan anda bisa lebih mudah mencernanya. 

3. Rutin Memandikan Burung

Sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk rajin memandikan burung. Hal tersebut penting karena berkaitan langsung dengan kebersihan tubuhnya. Prenjak juga sangat menyukai aktivitas tersebut, sehingga akan membantunya jauh lebih tenang dan terhindar dari stress. Burung yang bahagia akan sangat aktif dan tidak mudah sakit. 

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Makanan Burung Prenjak Agar Cepat Gacor

Lantas kapan waktu terbaik untuk memandikan burung? Jawabannya adalah di pagi dan sore hari, sekitar pukul 08.00 atau 16.00. saat burung selesai dimandikan, anda bisa menjemurnya sejenak. Namun jika memang kondisinya sedang mendung, tidak ada masalah jika anda hanya mengangin anginkannya saja karena tubuh burung juga akan kering dengan sendirinya.

4. Telaten Menjemur Prenjak

Banyak orang yang mengira bahwa menjemur burung hanya bertujuan untuk mengeringkan tubuhnya saja. Padahal, banyak sekali manfaat yang didapat dari aktivitas tersebut. Dikutip dari suatu sumber, disana dijelaskan bahwa durasi cara merawat burung prenjak ini adalah sekitar 1 hingga 2 jam, tergantung dengan kondisi mataharinya. 

Apabila anda sedang sibuk, tidak masalah untuk menjemur si burung dengan matahari sore. Aktivitas ini dapat dilaksanakan pukul 3 hingga 5 sore. Meskipun terlihat sepele, burung yang dijemur akan merasa lebih rileks dan tenang karena tidak merasa bosan meskipun berada di dalam sangkar. Namun perlu diingat pula, jangan sampai membuat burung dehidrasi.

5. Rajin Membersihkan Kandang

Selain berasal dari makanan, penyakit pada burung juga dapat terjadi akibat kandang yang kotor. Kondisi kandang yang tidak terawat adalah tempat yang paling baik bagi virus, bakeri, dan jamur untuk menempel. Sangat disayangkan jika burung prenjak menjadi sakit karena masalah tersebut. Selain itu, kandang yang kotor juga kana memancing datangnya semut.

Keberadaan semut akan membuat rumah anda menjadi ikut kotor. Demi kenyamanan bersama, lebih baik dan rutin membersihkan kandang setidaknya dua hari sekali. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah saat si burung sedang dimandikan. Gosok setiap bagian dari sangkar hingga tidak ada bekas makanan atau kotoran yang menempel. 

6. Melatih Burung

Meskipun dasar dari burung prenjak adalah burung yang aktif dan tangguh, namun potensi ini tidak akan muncul jika anda tidak melatihnya dengan baik. Bagian dari cara merawat burung Prenjak ini sering sekali dilupakan. Caranya juga mudah, yaitu dengan mendengarkan kicauan burung prenjak lain dari ponsel agar mereka terpancing menirunya. 

Demikianlah sedikit tips tentang tips merawat burung prenjak yang patut untuk diingat dan dilaksanakan. Sebenarnya langkah yang telah disebutkan ini sama saja dengan perawatan jenis burung yang lain. Yang terpenting, anda bersedia untuk meluangkan waktu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan begitu, burung prenjak menjadi sehat dan gacor.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau