Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

6 Penyebab Burung Cililin Mudah Mati Akibat Stress Yang Patut Dijauhi

2 min read

6 Penyebab Burung Cililin Mudah Mati Akibat Stress Yang Patut Dijauhi

Burung cililin merupakan burung petarung sekaligus burung kicau yang memiliki banyak peminat. Namun sayangnya, binatang yang satu ini mudah sekali stress dan menyebabkannya mati mendadak. Tidak heran jika kemudian informasi terkait dengan penyebab burung cililin mudah mati sangat diperlukan. Di kesempatan kali ini, yuk simak penjelasan tentangnya!

Daftar Penyebab Burung Cililin Mudah Mati

1. Penjemuran Terlalu Lama

Hal pertama yang dapat menyebabkan burung cililin mudah mati adalah penjemuran yang terlalu lama. Memang benar bahwa penjemuran adalah kegiatan yang baik bagi mereka. Namun jika kondisi matahari terlalu terik dan durasi terlalu panjang, maka burung menjadi dehidrasi. Mereka pun tentu merasa tidak nyaman dan stress. 

Perlu anda ketahui, stress pada burung sifatnya sangat berbahaya. Mereka bisa mogok makan dan terkadang sampai mencabuti bulunya sendiri. Jika terus dibiarkan, maka kondisinya bisa menjadi sangat parah. Apabila sudah demikian, sulit untuk mengembalikannya seperti semula. Lantas berapa waktu maksimal untuk melakukan penjemuran? Jawabannya adalah 30 menit. 

Apabila kondisi mataharinya sedang sangat terik, cukup jemur burung selama 15 menit saja. Sisanay, cukup angin anginkan dia agar mendapatkan udara yang segar namun tetap terasa nyaman. Saat sedang menjemur burung, usahakan untuk tidak meninggalkannya sendirian. Takutnya anda malah kelupaan dan membiarkannya tanpa naungan dalam waktu yang lama. 

2. Birahi Terlalu Tinggi

Kondisi berbahaya yang sayangnya sering dialami oleh burung adalah over birahi. Banyak sekali penyebab yang dapat membuat burung masuk dalam tahapan OB. Agar kondisinya tidak semakin buruk, anda harus cari cara untuk menurunkan birahi burung. Informasi terkait dengan mengatasi penyebab burung cililin mudah mati ini mudah ditemukan.  

Adapun langkah yang sejiah ini banyak direkomendasikan adalah rutin mengembunkannya, menambah durasi mandi, dan menghentikan pemberian EF sementara waktu. Ciri ciri burung yang over birahi adalah terlihat agresif namun tidak banyak bersuara. Apabila tidak segera ditangani, maka kemampuan kicau burung juga akan mengalami masalah. 

3. Perawatan Yang Tidak Optimal

Sejauh ini, faktor perawatan yang salah lah yang banyak menjadi faktor burung cililin mati. Orang orang sering sekali membeli burung cililin hanya untuk pajangan saja di rumah. Mereka selalu sibuk dan tidak merawat burung dengan baik. Bahkan air minum yang sudah berhari hari pun tidak kunjung diganti. Kondisi kandangnya pun tidak terawat. 

BACA JUGA : Cara Merawat Burung Cililin

Burung sebenarnya sama saja dengan manusia. Mereka memerlukan lingkungan yang bersih dan makanan yang bergizi. Pemilik burung pun perlu meluangkan waktu untuk mengembunkan burung dan juga menjemurnya setiap hari. Apabila aktivitas ini diabaikan, maka besar kemungkinan burung untuk merasa stress. Ujung dari hal tersebut adalah kematian.  

4. Pemberian Pakan Yang Terlalu Banyak

Sebagian orang yang baru pertama kali memelihara burung mungkin mengira bahwa peliharaan menjadi sehat jika diberi pakan secara terus menerus. Nyatanya, hal yang satu ini tidaklah tepat. Burung bisa menjadi obesitas dan sistem metabolisme tubuhnya menjadi terganggu. Penyebab burung cililin mudah mati ini pun membuatnya malas. 

Berhubungan dengan hal ini, wajib bagi anda untuk memberikan pakan pada burung dalam jumlah atau takaran yang pas. Dalam sekali makan, cukup berikan jangkrik sebanyak 5 sampai 8 ekor, tidak lebih. Selain itu, takaran voer dan campuran kroto pun perlu diperhatikan. Burung cenderung terus makan untuk menghabiskan pakan yang diberikan padanya. 

5. Air Minum Yang Terkontaminasi,

Bakteri, virus, dan jamur adalah mikroba yang dapat mempengaruhi kesehatan burung cililin. Tentu pengaruh yang diberikan ini bersifat negatif, alias dapat menyebabkan kondisi tubuhnya memburuk. Oleh karena itu, selalu ganti air minum setiap harinya agar tetap jernih. Jauh lebih baik pula jika anda memberinya air matang. Bersihkan mula wadah tempat airnya secara rutin. 

Minum air yang tidak bersih akan mengganggu sistem pencernaannya, feses burung bisa menjadi lebih encer. Jika terjadi masalah pada perutnya, maka si burung juga merasa tidak nyaman sehingga nafsu makanya berkurang. Berkaitan dengan gejala tersebut, anda patut curiga jika tiba tiba burung cililin peliharaan anda, mendadak menyisakan makanannya. 

6. Sakit

Umur tetap menjadi faktor lain yang membuat kesehatan burung cililin menurun. Kondisi tubuh yang sudah tidak prima membuatnya mudah terserang penyakit. Meskipun anda telah berusaha sebaik mungkin, namun yang namanya bakteri tetap saja bisa mengganggu kondisi cililin. Untuk mengatasinya, anda perlu memberinya obat dan penanganan yang sesuai. 

Penyebab burung cililin mudah mati ini tidak boleh diremehkan karena penyakit bisa berujung fatal. Memang sedikit sulit untuk menemukan dokter hewan yang expert menangani burung. Oleh karena itu, anda perlu saling sharing dengan pemelihara cililin yang lain untuk meminta rekomendasi dokter langganan yang cocok untuknya. 

Itulah beberapa informasi terkait dengan hal hal yang dapat menjadi penyebab burung cililin mati. Sudah menjadi kewajiban anda untuk memastikan si burung hidup dengan layak dan seluruh nutrisinya terpenuhi. Dengan begitu, umur maksimal dari burung pun dapat dicapai. Sangat disayangkan jika burung harus mati karena unsur kelalaian.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.