Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Agar Cepat Gacor, Berikut Cara Merawat Jalak Suren yang Benar

2 min read

Agar Cepat Gacor, Berikut Cara Merawat Jalak Suren yang Benar

Jalak suren termasuk jenis burung kicau yang digemari oleh banyak orang dan sering dijadikan ladang bisnis. Hal ini karena jalak suren memiliki suara kicauan yang indah dan nyaring. Selain untuk bisnis, burung yang satu ini juga sering ikut dalam berbagai ajang perlombaan. Untuk mendapatkan jalak suren yang gacor, yuk intip cara merawat jalak suren yang benar!

Membiarkan Burung Jalan Suren Beradaptasi

Ketika anda baru saja membeli burung jalak suren, pastikan memberikan waktu untuk beradaptasi terlebih dahulu. Secara umum, setiap jenis hewan akan mudah stres jika dipindahkan ke tempat yang baru. Jalak suren bisa menjadi liar dan memberontak jika tidak mendapatkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Apabila di rumah terdapat burung kicauan lainnya, jangan satukan dengan burung jalak suren yang baru. Hal ini bertujuan untuk mencegah jalak suren mudah stres dengan kehadiran burung kicau lainnya. Jika burung jalak suren sudah stres, maka burung tersebut tidak akan mau berbunyi. Selama proses adaptasi, pastikan untuk selalu berinteraksi dengan jalak suren baru.

Anda bisa melakukan interaksi dengan cara memandikan atau melatih burung jalak suren. Proses interaksi ini bertujuan untuk membuat burung jalak suren mengenal pemilik baunya. Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk memelihara dan melatihnya. Selain itu, interaksi adalah cara merawat jalak suren yang akan membuat jalak suren tidak mudah berontak.

Memandikan dan Menjemur Jalak Suren Secara Rutin

Perawatan berikutnya yang wajib diberikan kepada burung jalak suren adalah memandikan dan menjemur secara rutin. Mandi dan berjemur adalah kegiatan alami yang dilakukan jalak suren saat di alam bebas. Selain itu, jalak suren memiliki naluri untuk mandi di sungai atau di genangan air, sehingga saat dipelihara pun harus rutin dimandikan dan dijemur.

BACA JUGA : Makanan Jalak Suren Agar Cepat Gacor

Buhttps://boskicau.com/makanan-jalak-suren-agar-cepat-gacor/rung jalak suren bisa dimandikan sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari. Waktu untuk menjemur burung jalak suren yang ideal adalah mulai pukul 7 hingga 10 pagi. Umumnya, jalak suren akan dijemur setelah dimandikan untuk mengeringkan bulunya dan merangsangnya untuk berkicau. Mandi secara rutin juga akan membuat jalak suren menjadi bersih dan sehat.

Cara Merawat Jalak Suren dengan Pemasteran

Pemasteran adalah salah satu perawatan untuk jalak suren yang tidak kalah penting. Pemasteran adalah proses dimana burung jalak suren diperdengarkan suara kicauan dari burung lainnya. Suara yang digunakan bisa berasal dari burung asli atau rekaman audio. Dalam proses pemasteran, jalak suren akan dipancing untuk lebih sering berkicau dengan suara yang bervariasi.

Sebagai jenis burung kicauan, variasi suara kicauan adalah sesuatu yang penting untuk dimiliki jalak suren. Jalak suren yang memiliki kicauan bervariasi tentu memiliki harga yang lebih mahal dan bisa diikutkan perlombaan. Cara utama yang harus dilakukan untuk mendapatkan suara kicauan yang berkualitas dan bervariasi adalah proses pemasteran tersebut.

Memberikan Makanan yang Bagus

Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan makanan untuk membuat kondisinya tetap sehat dan prima. Secara umum, makanan yang disukai oleh burung jalak suren adalah voer dan buah-buahan. Jenis buah yang bagus dan bisa digunakan sebagai cara merawat jalak suren adalah pisang, apel, dan pepaya. Sementara itu, voer berfungsi untuk memenuhi asupan protein jalak suren.

Anda bisa menggunakan jenis voer yang ada di toko pakan hewan, seperti voer ayam, voer hijau, atau voer lele. Namun, pastikan voer yang anda berikan disukai oleh burung jalak suren. Sebab, setiap burung jalak suren memiliki jenis voer kesukaan yang berbeda-beda. Selain buah dan voer, makanan tambahan juga bisa diberikan kepada jalak suren.

Jenis Extra Fooding Untuk Jalak Suren

Makanan tambahan yang diberikan kepada burung jalak suren biasa disebut dengan extra fooding atau EF. Pemberian extra fooding ini bertujuan untuk membuat jalak suren lebih sehat dan lebih gacor. Jangkrik, ulat Hongkong, kroto, dan cacing tanah merupakan beberapa makanan yang bisa diberikan kepada burung jalak suren sebagai extra fooding.

Pemberian dosis extra fooding juga perlu diperhatikan agar perkembangan burung jalak suren bisa berjalan sesuai dengan harapan. Sebab, dosis yang tidak tepat justru akan membuat jalak suren menjadi terganggu, baik dalam segi kesehatan maupun suara kicauannya.

Cara merawat jalak suren untuk dosis cacing tanah dan ulat Hongkong adalah sebanyak 2 kali seminggu. Untuk serangga seperti belalang dan jangkrik bisa diberikan sebanyak 2 hingga 5 ekor dalam satu hari. Sementara itu, kroto bisa diberikan 2 kali dalam seminggu sebanyak 2 sendok teh.

Merawat burung jalak suren memang harus dilakukan dengan baik dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mulai dari proses adaptasi hingga pemasteran harus dilakukan dengan disiplin dan sesuai dengan kebutuhan jalak suren. Dengan begitu, burung jalak suren akan tumbuh dengan sehat dan gacor.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.