Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Ajaib! Berikut Manfaat Embun Pagi Untuk Murai Batu Yang Harus Pecinta Burung Tahu

2 min read

Ajaib! Berikut Manfaat Embun Pagi Untuk Murai Batu Yang Harus Pecinta Burung Tahu

Para pemelihara burung kicauan termasuk Murai Batu harus tahu bagaimana cara memelihara burung nya dengan baik. Langkah ini penting agar mereka tetap gacor dan suaranya pun terdengar lantang. Lantas pernahkan anda mendengar terapi embun pagi? Yuk simak manfaat embun pagi untuk Murai Batu di sini.

Deretan Manfaat Embun Pagi Untuk Murai Batu

1. Menjernihkan Suara

Ternyata, burung kicauan yang diberi embun pagi memiliki suara yang terdengar lebih jernih dan medu. Tentu tipe kicauan inilah yang sangat disukai oleh pecinta burung. Anda juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memenangkan perlombaan burung kicau. Suara yang jernih ini didapat karena air embun ternyata merupakan bahan alami yang baik untuk kesehatan mereka.

Untuk mendapatkan keunggulan ini, anda perlu membawa mereka keluar setiap pagi dan malam hari. Jangan biarkan burung murai terkurung di dalam rumah. Hal itulah yang ternyata menyebabkan suaranya terdengar kurang jernih. Mereka memerlukan air alami yang berasal dari embun untuk memperkuat kemampuan berkicaunya sehingga lebuh baik lagi.

2. Menyembuhkan Serak

Manfaat air embun yang kedua bagi burung kicau termasuk Murai Batu adalah untuk menyembuhkan serak. Air tersebut dapat membuat tenggorokan di burung lebih plong dan lega. Manfaat embun pagi untuk Murai Batu ini akan membuat suara mereka lebih lantang dibandingkan dengan sebelumnya. Alhasil, suaranya menjadi lebih indah. 

Waktu terbaik untuk melakukan pengembunan pada burung adalah sekitar pukul 5 pagi sampai matahari terbit. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa cuacanya sedang tidak hujan maupun gerimis. Takutnya burung malah mengalami gangguan kesehatan jika anda biarkan di luar saat kondisinya hujan deras. Karena sakit, burung malah akan menjadi lemas.

3. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Burung yang anda letakkan di dalam kandang pastinya memerlukan udara bebas walaupun hanya sebentar. Jika terus saja di dalam rumah, amkaa burung akan menjadi stress. Dampaknya mereka malah enggan untuk berkicau. Lama kelamaan suaranya menjadi semakin jelek karena tidak banyak digunakan. Untuk mengatasi stress ini, anda bisa memberikan terapi embun.

BACA JUGA : manfaat embun malam untuk murai batu

Air embun yang dingin di pagi dan malam hari akan membuat tubuh burung murai terasa lebih segar. Udara di luar juga pastinya lebih baik karena kaya akan oksigen. Tidak heran jika manfaat embun pagi untuk Murai Batu sangat banyak. Langkah tersebut juga akan membuat mood dan perasaan mereka jauh lebih baik sehingga semakin gacor.

4. Membersihkan Usus

Selain berkaitan dengan suaranya, ternyata embun pagi juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya. Si burung murai batu, bisa membersihkan ususnya dengan lebih baik menggunakan air embun. Dengan begitu, proses BAB akan menjadi lebih lancar. Maka dari, burung akan merasa senang karena tubuhnya tidak banyak menyimpan racun.

Apabila sistem pencernaannya baik, maka si burung juga bisa memproses nutrisi dengan lebih baik pula. Karena tubuhnya yang prima, burung murai akan menjadi lebih gacor dibandingkan dengan sebelumnya. Suara yang mereka hasilkan juga akan terdengar lebih jernih. Selain itu, ruara tersebut juga akan menjadi lebih kantang karena mereka meneriakkannya dengan penuh semangat.

5.   Membuat Burung lebih rileks

Burung murai perlu embun pagi untuk membuatnya lebih rileks. Manfaat embun pagi untuk Murai Batu ini sangat penting karena dapat menjaga kesehatan mentalnya. Sebenarnya hal ini bukan hanya terjadi pada burung murai saja, melainkan pada berbagai jenis burung kicau yang lain. Anda sebagai pemilik harus bisa membuat mood mereka tetap baik setiap harinya.

Air embun di pagi dan malam hari bisa memberikan perasaan tenang kepada mereka. Tips ini juga baik bisa anda gunakan untuk membantu proses adaptasi  burung saat baru saja dipindahkan ke sangkar yang baru. Dengan begitu, mereka bisa menyesuaikan diri dengan lebih cepat. Alhasil, mereka pun bisa lebih cepat berkicau kembali.

Pengembunan Malam Apakah Baik?

Sebagian orang mungkin mengira jika pengembunan hanya bisa dilakukan pagi hari saja. Ternyata pernyataan ini tidaklah benar. Anda bisa memberikan terapi pengembunan pada burung murai di malam hari, khususnya setelah waktu maghrib sampai jam 9 malam. Sebelum itu, anda bisa memandikan mereka terlebih dahulu agar kondisinya bersih.

Sejatinya manfaat embun pagi untuk Murai Batu juga bisa didapatkan saat malam hari. Bahkan beberapa pemilik burung juga mengatakan bahwa pengembunan malam hari bisa menghilangkan kebiasaan burung yang suka membuang buang makanannya. Hal ini terjadi karena emosi mereka jauh lebih stabil. Mereka juga jauh lebih tenang sehingga mudah untuk diatur.

itulah beberapa informasi terkait dengan pentingnya sistem pengembunan pada burung murai, termasuk berbagai jenis burung kicau yang lain. Akan tetapi, anda harus pastikan bahwa burung yang diembunkan di malam hari sempat anda masukkan ke dalam rumah saa sudah terlalu malam. Hal ini penting karena takutnya tiba tiba cuaca menjadi hujan.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau