Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Berkenalan dengan Cara Ternak Burung Kapas Tembak Untuk Pemula

2 min read

cara ternak burung kapas tembak

Sebagai salah satu burung yang memiliki suara kicauan yang indah, banyak orang yang ingin memelihara burung kapas tembak. Ada yang dipelihara untuk diri sendiri dan ada pula yang dipelihara untuk ternak. Cara ternak burung kapas tembak harus diperhatikan dengan baik supaya hasilnya maksimal. Kali ini akan dibahas seputar cara beternak burung kapas tembak untuk pemula.

Mempersiapkan Kandang yang Ideal

Sebelum beternak burung kapas tembak, tentu anda juga perlu melakukan persiapan, seperti mempersiapkan kandang yang ideal. Kandang yang ideal akan sangat berpengaruh terhadap hasil ternak kapas tembak yang anda lakukan. Ukuran kandang yang ideal untuk ternak burung adalah 150 cm x 200 cm x 150 cm ukuran standar.

Jika anda tidak memiliki tanah yang cukup luas, maka bisa membuat kandang yang lebih kecil. Burung kapas tembak termasuk burung yang mudah dalam pemeliharaan, asalkan kandangnya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Burung kapas tembak lebih mudah untuk menyesuaikan dengan luas kandang yang anda buatkan, asalkan masih nyaman dan tidak mengganggu.

BACA JUGA : CARA MERAWAT KAPAS TEMBAK BIAR GACOR

Setelah itu, letakkan kandang di tempat yang sepi dan jauh dari hiruk-pikuk manusia atau hewan lainnya. Untuk menjaga keamanan burung kapas tembak, letakkan kandang di tempat yang lebih tinggi. Cara beternak burung kapas tembak ini perlu anda lakukan supaya burung kapas tembak tidak mendapat gangguan dari hewan lain, seperti kucing dan tikus.

Cara Ternak Burung Kapas Tembak dengan Memilih Indukan Unggul

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memilih indukan kapas tembak dengan kualitas yang bagus. Kualitas indukan yang baik juga akan menjadi penentu hasil anakan nantinya. Untuk indukan yang jantan, anda bisa memilih burung kapas tembak dengan postur yang simetris dan lebih besar. Kemudian, tidak ngeleper saat diadu dengan burung lainnya.

Kriteria lainnya yaitu memiliki suara isian yang bagus. Sementara itu, burung kapas tembak betina untuk indukan bisa dipilih yang posturnya bagus dan tentunya lebih kecil dari jantan. Kemudian, memiliki suara tembakan yang lebih baik supaya bisa menurun kepada anakannya. Pasalnya, burung kapas tembak betina memang memiliki suara kicauan yang lebih nembak.

Menjodohkan Indukan Kapas Tembak

Setelah mendapatkan indukan yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah menjodohkan burung kapas tembak jantan dan betina. Proses perjodohan ini sebenarnya tidak begitu sulit, tapi seringkali memakan waktu yang cukup lama, bisa mencapai 2 hingga 3 mingguan. Cara ternak burung kapas tembak di bagian ini memang sedikit memerlukan kesabaran dan ketelatenan.

Proses perjodohan dimulai dengan meletakkan burung kapas tembak jantan dan betina di kandang yang berbeda, tapi berdekatan. Tunggu hingga kedua indukan mulai berkenalan dan nyaman satu sama lain. Jika sudah mulai nyaman, maka anda bisa memasukkan kedua indukan di dalam satu kandang. Anda juga bisa memasukkan dua betina secara langsung untuk satu jantan.

Apabila anda tidak sabar menunggu proses perjodohan ini, maka anda bisa membeli burung kapas tembak yang sudah berjodoh. Dengan begitu, anda tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama. Akan tetapi, indukan kapas tembak yang sudah berjodoh tentu saja memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan indukan yang dijodohkan sendiri.

Pemberian Makanan yang Tepat dan Sehat

Hal penting lainnya dari cara ternak burung kapas tembak adalah pemberian pakan yang tepat. Selama proses ternak, makanan dari burung kapas tembak juga harus diperhatikan dengan baik supaya kondisinya tetap prima. Ada beberapa makanan yang bisa anda berikan, seperti voer, buah-buahan, dan beberapa serangga. 

Pemilihan voer pun harus dilakukan dengan tepat, biasanya yang sering digunakan adalah merek Topsong warna kuning dan diberikan 2 kali sehari. Anda bisa memberikan buah-buahan yang segar dan memiliki rasa manis, seperti pisang kepok, pepaya, dan apel merah. Jangan lupa untuk memotongnya sesuai dengan ukuran paruh burung kapas tembak supaya lebih mudah dicerna.

Proses Meloloh Anakan Burung

Setelah burung kapas tembak berhasil berjodoh, tidak lama kemudian akan bertelur anak. Anda bisa membiarkan induk betina kapas tembak untuk mengerami telurnya hingga melahirkan. Setelah 10 hingga 15 hari, anda bisa memanen anakan atau bisa juga anda biarkan hingga 1 bulan lamanya dalam pengasuhan induknya secara langsung.

Cara ternak burung kapas tembak juga tidak lepas dari proses meloloh anakannya. Anda bisa meloloh dengan voer yang sudah dilarutkan ke dalam air hangat. Anda juga bisa menambahkan pakan berupa jangkrik yang sudah dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dicerna oleh anakan kapas tembak.

Beternak burung kapas tembak memang memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi agar bisa berhasil. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan perawatan dan pakannya. Berikan pakan yang bermutu dan perawatan yang terbaik supaya menghasilkan anakan yang berkualitas dan mudah dilatih nantinya.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.