Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Ingin Tahu Cara Merawat Burung Prenjak Hasil Tangkapan? Cek Ulasannya Disini

2 min read

Ingin Tahu Cara Merawat Burung Prenjak Hasil Tangkapan Cek Ulasannya Disini

Hingga saat ini, burung prenjak yang terkenal akan suara indahnya masih ada yang hidup di alam bebas. Tak ayal jika cara merawat burung prenjak hasil tangkapan adalah hal yang biasa dipraktikkan sebagian orang. Meski demikian, cara ini umumnya tergolong lebih susah daripada membelinya langsung. Namun cobalah untuk mempraktikkan cara ini dengan penuh kesabaran dan ketelatenan.

Cara Merawat Burung Prenjak Hasil Tangkapan

  1. Siapkan Sangkar Sesuai Kebutuhan

Menyediakan sangkar adalah hal utama yang wajib dilakukan ketika hendak memelihara burung. Pasalnya, anda wajib menyediakan kebutuhan sangkar dengan ukuran yang pas guna memberikan kenyamanan. Anda bahkan bisa menyediakan kandang dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk burung prenjak yang diperoleh dari alam bebas.

  1. Letakkan Sangkat Di Tempat Sepi

Guna membiasakan prenjak agar bisa beradaptasi dengan baik, anda perlu menjauhkan burung ini dari gangguan lingkungan sekitar. Menggunakan kerodong full selama 3 sampai 4 hari sangat dibutuhkan agar burung prenjak tidak mudah kaget. Terlebih lagi hewan ini seringkali kelabakan dan menabrak sangkar ketika baru saja melihat manusia.

Anda juga perlu menggantungkan sangkar yang berisi hewan prenjak di tempat yang lebih sepi agar cepat tenang. Jangan lupa pastikan keranjang hewan ini jauh dari berbagai binatang lain seperti kuning, anjing maupun semut. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyaman ekstra sehingga hewan ini mudah beradaptasi pada lingkungan barunya.

  1. Pastikan Makanan Dan Minuman Tersedia

Cara merawat burung prenjak hasil tangkapan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menyediakan makanan dan minuman. Pasalnya, makanan dan minuman ini bisa langsung disediakan di dalam sangkar untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tentu saja, anda tidak seharusnya memberikan makanan terlalu sedikit agar prenjak tetap merasa nyaman dalam sangkarnya.

BACA JUGA : 6 Cara Merawat Burung Prenjak

Kemudian, lakukan adaptasi burung prenjak hasil tanggapan secara bertahap. Pemberian makanan pada tahap awal sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi makanan yang biasa diperolehnya ketika berada di alam bebas. Disini, anda bisa memberikan aneka serangga seperti ulat, belalang, jangkrik kecil, kroto dan lainnya.

  1. Biarkan Burung Prenjak Mandi Sendiri

Jika perawatan burung hasil tangkapan lain biasanya langsung dimandikan setiap pagi, burung prenjak membutuhkan perlakuan yang berbeda. Penangkapan prenjak dari alam liar seringkali membuat hewan ini langsung dalam kondisi stres. Untuk itu, cara merawat burung prenjak hasil tangkapan adalah membiarkan hewan ini beradaptasi hingga akhirnya mau mandi sendiri.

Mengetahui kondisi tersebut, anda hanya perlu menyiapkan makanan dan minuman saja di dalam kandang. Namun anda perlu memberikan cepuk air minum yang lebih besar agar bisa langsung digunakan untuk burung prenjak mandi ketika hewan ini sudah cukup beradaptasi dengan benar.

  1. Latih Dengan Makan Voer

Lazimnya, burung prenjak mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya setelah 4 sampai 5 hari. Untuk itu, cobalah memulai upaya adaptasi guna mengubah kebiasaan hewan yang ada pada alam bebas menjadi hewan peliharaan. Pemberian pergantian jenis makanan bisa diusahakan dengan mencampur pakan serangga dan makanan voer (konsentrat).

Tentu saja, anda perlu memulai adaptasi dengan cara ini secara bertahap. Berikan campuran konsentrat dengan tambahan sedikit-sedikit setiap harinya hingga hewan ini mau makan makanan konsentrat secara total. Meski demikian, burung prenjak hasil tangkapan tetap harus diberikan makanan serangga karena termasuk jenis makanan utama yang biasa dikonsumsi.

  1. Ajak Berinteraksi

Mulailah mengajak burung prenjak berinteraksi untuk menghilangkan jarak sehingga hewan ini bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan. Cara merawat burung prenjak pada tahapan ini dapat dilakukan dengan mulai menyapa prenjak menggunakan siulan setiap pagi. Begitu pula, anda memberikan makan dengan lolohan sesekali.

Dengan menjalin interaksi yang kuat, anda dijamin mampu membuat burung prenjak yang awalnya takut dengan manusia menjadi lebih berani. Hewan ini bahkan bisa mengeluarkan suara apiknya jika anda tak kenal lelah dalam melakukan latihan masteran menggunakan suara burung lain maupun menggunakan suara masteran berupa mp3. Sangat menarik bukan?

  1. Berikan Perawatan Harian Terbaik

Cara lain yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika merawat burung prenjak adalah memberikan perawatan harian secara berkala. Pasalnya, anda perlu memberikan sejumlah makanan, minuman dan air untuk mandi sesuai dengan kebutuhan hewan ini. Anda bahkan bisa memberikan jadwal latihan agar prenjak yang dimiliki menjadi masteran.

Selain itu, perawatan untuk burung prenjak perlu dilakukan dengan membersihkan kondisi kandang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan ekstra pada burung ini sekaligus mempertimbangkan kesehatannya. Terlebih lagi sarang yang kotor dapat dimanfaatkan oleh bakteri, virus dan penyakit lainnya untuk berkembang biak dengan cepat.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.