Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Cara Setingan Lovebird Konslet Dan Ngekek Panjang, Dijamin Menang!

2 min read

Cara Setingan Lovebird Konslet Dan Ngekek Panjang, Dijamin Menang

Di dunia pecinta Loverbord, jenis burung yang paling disukai adalah yang konslet dan fighter. Lovebird konslet memiliki kondisi fisik yang sangat kuat dan mudah diajak kerjasama saat pertama kali mengikuti ajang perlombaan atau gantangan. Ngomong ngomong soal lovebird konslet, yuk cari tahu cara setingan lovebird konslet di sini!

Cara Setingan Lovebird Konslet Koloni

Sebenarnya terdapat satu cara settingan burung lovebird yang banyak digunakan oleh pecinta burung. Settingan tersebut dilakukan dengan metode untulan atau koloni. Settingan burung lovebird dengan sistem koloni dilakukan dengan cara mengontrol birahi lovebird jantan dan betina. Si betina diberi peredam birahi, sehingga karakternya berubah menjadi semi fighter.

Beberapa lovebird yang berhasil konslet dengan metode settingan biasanya adalah lovebird Gendewo, Hokk Chan, Sarno, Condet, Gandring, dan masih banyak lagi. tidak heran jika sistem koloni ini adalah settingan yang paling banyak dipilih. Banyak orang yang masih bingung cara meredam birahi lovebird betina.

Hal tersebut dapat dilakukan jika anda memberikan untulan. Untulan tersebut haruslah disukai oleh lovebird betina agar prosesnya lancar. Agar mulus, usahakan untuk anda jodohkan terlebih dahulu keduanya secara perlahan. Anda juga perlu merawatnya dengan rutin memberikan pengembunan tanpa dijemur.

Selain itu, dikutip dari beberapa sumber, anda perlu memberikan pakan berupa full jagung selama masa tersebut berlangsung. Tentu burung perlu waktu untuk menjadi konslet, sehingga anda perlu bersabar. Biarkan si burung menjalani prosesnya secara perlahan. Melihat prosesnya yang tidak singkat, anda perlu melakukan proses ini jauh sebelum pertandingan.

Settingan Lovebird Sistem Tempel

Cara setingan lovebird konslet yang tidak kalah populer adalah sistem tempelan. Dengan metode tersebut, lovebird betina menjadi gacor dan aktif. Mereka pun akan memiliki kemampuan ngekek panjang yang jauh lebih baik. Cara ini juga sudah banyak berhasil, sehingga tidak kalah populer bagi pemerlihata lovebird.

Jika anda tertarik menggunakan cara ini, pertama tama siapkan terlebih dahulu lovebird betina. Setelah itu, turunkan birahi si burung sampai drop. Setelah itu, berikan bahan tempelan untuk kesehariannya. Sejauh ini, lovebird paud adalah tempelan yang direkomendasikan. Biarkan burung ada di dalam kandang selama berhari hari tanpa kerodong.

BACA JUGA : ramuan lovebird ngekek panjang

Penjelasan semacam ini memang masih awam bagi mereka yang masih baru di dunia burung. Jika anda termasuk pemula, tidak perlu sungkan untuk sharing dan bertanya pada orang yang memiliki hobi serupa, yaitu memelihara lovebird. Pengalaman dari mereka bisa menjadi guru terbaik bagi anda, karena jauh lebih detail dan bisa langsung dipraktekkan.

Penunjang Lovebird Konslet dan Ngekek Panjang

1. Memberikan Perawatan yang Terbaik

Hal pertama yang wajib diperhatikan untuk mencetak lovebird konslet adalah memberikan perawatan terbaik. Biasakan si burung untuk mandi setiap jam 6 pagi. Setelah itu, jemurlah mereka di lokasi yang tidak terlalu terik. Cara setingan lovebird konslet ini membuat burung ngekek panjang dan lebih gacor dibandingkan sebelumnya. 

Selain merawatnya dengan sungguh sungguh, sangat penting bagi anda untuk memilih lovebird yang memiliki indukan terbaik. Mencetak lovebird konslet akan jauh lebih mudah jika mereka memiliki potensi besar sejak lahir. Perku anda ingat, bahwa faktor genetic adalah hal yang mempengaruhi sifat dan kecerdasan burung.

2. Memberikan Makanan Bernutrisi

Untuk mencukupi kebutuhan burung, anda perlu memberikan makanan yang kaya nutrisi. Adapun jenis makanan yang baik untuk lovebird adalah buah buahan, mineral, sayuran, dan vitamin. Untuk pemberian voer, akan lebih baik jika dilakukan setiap hari, yaitu di saat pagi. Langkah ini juga akan membuat burung ngekek panjang dan lebih aktif.

Jika anda ingin memberikan multivitamin, maka takaran yang paling sesuai adalah sekitar 2 sampai 3 tetes saja. Campurkan larutan multivitamin itu dengan air minumnya. Bahan tersebut akan membuat burung lebih kuat karena nutrisi mikro dan makronya seimbang. Kebiasaan ini patut dilakukan setiap hari agar efektif.

3. Mengontrol pemberian EF

Pemberiaan EF sebenarnya tampak seperti pisau bermata dua. Pemberian yang tidak sesuai takaran akan menyebabkan lovebird mengalami over birahi. Namun di sisi lain, pemberian yang mengikuti ketentuan akan membuatnya konslet dan ngekek panjang. Kondisi yang over birahi tadi, malah akan menyebabkan mereka macet bunyi dan enggan bersuara.

Cara setingan lovebird konslet dengan menyeimbangkan EF ini bukanlah hal yang mudah. anda harus bisa mengenali ciri ciri yang menandakan si burung menuju ke arah over birahi. Jika tingkah mereka sudah mulai aneh, maka hentikan pemberian EF. Lakukan hal ini dengan baik, agar level birahi si burung tetap stabil dan tidak bermasalah.

Itulah beberapa informasi terkait dengan cara membuat burung lovebird menjadi konslet dan ngekek panjang. Informasi semacam ini sangat penting, agar anda bisa lebih baik menyiapkan burung untuk naik ke arena lomba. Akan tetapi, anda pun harus tetap memperhatikan kondisi mental lovebird. Tidak baik jika terus mengajak mereka untuk berlomba.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau