Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Makanan Burung Wambi Agar Cepat Gacor dan Rajin Berbunyi

2 min read

Makanan Burung Wambi Agar Cepat Gacor dan Rajin Berbunyi

Kicauan yang dimiliki oleh burung wambi terkenal sangat merdu dan digemari banyak orang. Namun, untuk mendapatkan suara kicauan yang berkualitas tentu membutuhkan perawatan yang baik. Salah satu perawatan yang dibutuhkan oleh burung wambi adalah pemberian makanan. Berikut beberapa tips memberikan makanan burung wambi agar cepat gacor dan bersuara indah.

Pentingnya Memberikan Makanan Burung Wambi Secara Tepat

Bagi burung kicau, makanan adalah salah satu faktor pendukung kicauan yang berkualitas. Secara umum, makanan yang biasa diberikan untuk burung wambi adalah buah-buahan, voer, dan vitamin tambahan. Pemberian makanan dengan tepat dan sesuai kebutuhan burung wambi sangatlah penting agar tidak menimbulkan efek buruk atau merusak suara kicauan burung wambi.

Makanan yang diberikan juga tidak boleh sembarangan. Untuk itu, sebagai pemelihara burung wambi harus tahu makanan apa yang cocok dan bagaimana cara memberikannya. Pemberian makanan yang dilakukan dengan baik akan membentuk kicauan wambi yang nyaring dan maksimal. Dengan begitu, burung wambi peliharaan memiliki kualitas yang baik.

Mengenal Makanan Burung Wambi Agar Cepat Gacor

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan memiliki vitamin yang bagus untuk burung wambi. Buah yang bisa diberikan kepada wambi adalah pepaya dan pisang. Sebelum memberikan buah kepada burung wambi, harus dipastikan jika buah tersebut dalam kondisi baik, segar, dan tidak busuk. Untuk buah pisang bisa digantung di sangkarnya dengan mengupas sebagian dari kulit buahnya.

BACA JUGA : Tips dan Cara Merawat Burung Wambi yang Tepat

Sementara itu, buah pepaya harus dikupas dan dipotong-potong terlebih dahulu. Hal penting yang harus diperhatikan saat memberikan makanan berupa buah adalah menjaga kesegaran buah. Jangan sampai membiarkan buah membusuk di dalam sangkar karena akan mempengaruhi kenyamanan burung wambi. Sangkar yang kotor akan membuat burung stres dan malas berkicau.

  1. Multivitamin

Selain memberikan asupan berupa buah-buahan, burung wambi juga perlu mendapatkan multivitamin. Multivitamin termasuk makanan burung wambi agar cepat gacor dan memiliki banyak manfaat. Burung wambi yang diberi multivitamin akan memiliki kesehatan yang prima dan tidak mudah sakit. Selain itu, bulunya akan menjadi lebih mengkilap, sehat, dan tidak mudah rontok.

Tersedia banyak jenis multivitamin untuk burung wambi yang tersedia di pasaran. Kekebalan tubuh burung wambi juga akan meningkat dengan pemberian multivitamin. Dengan begitu, burung wambi tidak akan mudah terserang penyakit dan tetap bugar. Karena memiliki banyak manfaat, multivitamin adalah asupan tambahan yang penting untuk burung wambi.

  1. Makanan dengan Tinggi Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan burung wambi. Tidak hanya itu, makanan tinggi protein juga sangat bagus untuk menjaga kebugaran dan stamina burung wambi agar tidak mudah lelah. Asupan makanan burung wambi agar cepat gacor ini sangat diperlukan saat akan dilakukan pemasteran.

Jangkrik dan ulat Hongkong adalah jenis makanan dengan protein tinggi yang bisa diberikan kepada burung wambi. Jumlah jangkrik dan ulat Hongkong yang diberikan juga tidak boleh sembarangan. Biasanya, ulat Hongkong berjumlah 2 ekor atau jangkrik berjumlah 3 ekor setiap kali diberikan. Ketika memberikan jangkrik, pastikan bagian kakinya sudah dibuang terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan supaya bagian tajam yang ada di kaki jangkrik tidak melukai pencernaan burung wambi. Pastikan pula kondisi ulat Hongkong dan jangkrik yang diberikan sehat dan segar. Sebab, apa yang dimakan oleh burung wambi akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan kicauannya. Makanan dengan protein yang tinggi bagus untuk membuat wambi cepat gacor.

  1. Makanan Alternatif

Selain jangkrik dan ulat Hongkong, ada makanan alternatif yang bisa diberikan kepada burung wambi. Makanan tersebut adalah racikan kombinasi dari voer dan kuning telur rebus. Secara umum, perbandingan voer dan telur rebus yang digunakan adalah 1:6. Cara membuatnya yaitu menyiapkan ½ kilogram voer yang memiliki protein tinggi seperti voer untuk pakan ayam.

Kemudian, rebus 3 buah telur dan diambil kuningnya saja, lalu dicampurkan dengan voer. Campuran makanan burung wambi agar cepat gacor ini masih perlu dihaluskan lagi, bisa menggunakan tangan atau menggunakan blender agar hasilnya lebih halus maksimal. Adonan voer dan telur rebus selanjutnya dijemur hingga kering atau bisa juga dikeringkan dengan oven.

Makanan yang sudah kering bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama dan diberikan sedikit demi sedikit kepada burung wambi. Jenis makanan alternatif lainnya dengan kandungan protein yang tinggi adalah kroto. Jumlah kroto yang diberikan bisa sebanyak satu sendok makan dan hanya diberikan 3 kali dalam seminggu. Kroto bisa diperoleh dengan mudah di toko pakan hewan.

Selain memberikan perawatan fisik dengan baik, makanan untuk burung wambi juga perlu diperhatikan. Asupan makanan dapat menentukan kualitas burung wambi, baik dari segi kesehatan maupun suara. Beberapa makanan di atas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk burung wambi agar rajin berbunyi dan cepat gacor.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.