Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Mengenal 6 Cara Merawat Burung Kolibri Supaya Bunyi Dan Gacor

2 min read

Mengenal 6 Cara Merawat Burung Kolibri Supaya Bunyi Dan Gacor

Burung kolibri termasuk jenis burung penerbang yang tangguh. Mereka bisa menempuh jarak sampai 3000 mil tanpa beristirahat. Tampilannya yang unik membuat burung tersebut cocok dijadikan peliharaan di dalam rumah. Dengan perawatan yang baik, mereka bisa berubah menjadi burung yang gacor. Lantas bagaimana cara merawat burung kolibri? Yuk cek selengkapnya!

Cara Merawat Burung Kolibri Agar Gacor

  1. Memberi Makanan Yang Berkualitas

Pakan masih menjadi faktor utama yang dapat membuat burung semakin gacor. pilihan pakan untuk burung kolibri sangat beragam. Namun satu yang paling disukainya adalah nektar. Tentu untuk mendapatkan pakan tersebut tidak mudah, sehingga anda perlu alternatif lain yang mirip dengannya. Alternatif tersebut adalah campuran madu dan air.

BACA JUGA : 6 Makanan Burung Kolibri Agar Gacor Dan Sehat

Agar staminanya lebih baik, anda bisa memberikan pakan tambahan berupa voer. Sesuaikan jenis voer yang hendak diberikan dengan ukuran tubuh burung yang kecil. Pastikan bahwa apakan tersebut mudah untuk ditelan dan dicerna. Pemberiannya juga tidak perlu terlalu banyak, yang penting rutin dan sesuai dengan takaran yang pas.

  1. Rajin Mengembunkan Burung Kolibri

Mengembunkan burung adalah bagian dari perawatan burung yang wajib dilakukan setiap hari. Langkah tersebut akan membuat burung terhindar dari rasa stress, sekaligus meningkatkan kegacorannya. Udara di pagi hari sangat baik bagi saluran napasnya, sehingga tenggorokan merasa lebih lega. Alhasi, burung semakin bersemangat untuk berkicau.

Lantas jam berapa wkatu yang gtepat untuk pengembunan? Aktivita sini sebaiknya dilakukan setiap jam setengah 5 atau jam 4 pagi. Letakan sangkar burung di luar rumah dengan cara digantung. Saat burung diembunkan, anda tidak boleh terlalu lama meninggalkannya. Cara merawat burung kolibri ini pelru pengawasan, agar si burung terhindar dari predator.

  1. Rutin Memandikan Burung

Sama seperti manusia, kolibri juga perlu mandi untuk membersihkan tubuhnya. Kebersihan akan membuat tubuh mereka lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Menurut para ahli, memandikan burung juga akan membuat mereka terhindar dari stress. Dengan begitu, kesehatan mentalnya akan tetap terjaga. Waktu untuk melakukan aktivitas ini adalah sekitar jam 6 hingga 7 pagi.

Apabila anda tidak memiliki waktu di pagi hari, tidak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk memandikan mereka di sore hari, sekitar pukul 4 hingga 5. Semprotkan air ke setiap sisi tubuhnya, hingga bulu burung terlihat basah. Alat yang digunakan adalah berupa sprayer agar burung merasa nyaman. Anda tidak boleh menggunakan selang, karena debit air yang terlalu besar.

  1. Selalu Menjemur Burung Setelah Selesai Dimandikan

Setelah dimandikan, wajib hukumnya bagi anda untuk menjemur burung. Namun saat menjemurnya, anda tidak perlu meletakkan mereka di bawah sinar matahari secara langsung. Cukup letakkan mereka di tempat yang teduh dengan cara diangin anginkan. Simpan kembali mereka di dalam rumah jika kondisi di luar sudah terlalu panas.

Suhu yang terlalu tinggi akan membuat burung tidak merasa nyaman. Alhasil, mereka bisa menjadi stress dan enggan untuk berkicau. Hal tersebut membuat cara merawat burung kolibri yang lain tidak akan optimal. Tentu hal tersebut adalah hal yang perlu dihindari oleh setiap pemelihara burung. Siapkan pula air di dalam kandang agar mereka terhindar dari dehidrasi.

  1. Melakukan Pemasteran Pada Burung

Pemasteran adalah tahapan lain yang perlu dilakukan untuk membuat burung semakin gacor. Pemasteran ini tidak perlu dilakukan oleh burung asli, karen anda bisa menggunakan bantuan dari mp3 player yang ada di dalam gadget. Cukup putarkan hasil rekaman suara burung selama beberapa saat. Meskipun sebenar, aktivitas ini perlu dilakukan secara rutin.

Lama kelamaan si burung akan ikut terpancing sehingga gemar berkicau. Alhasil, rumah anda akan terasa lebih hidup dan berwarna. Alasan inilah yang menjadi pertimbangan utama, mengapa seseorang suka sekali memelihara burung kicauan. Meskipun sedikit merepotkan, namun kicauannya bisa menjadi penyemangat di pagi hari.

  1. Rajin Membersihkan Tempat Makan Dan Minum

Percuma saja jika anda memberi burung makanan yang bergizi apabila wadah yang digunakan dalam keadaan kotor. Parasit berupa bakteri dan virus dapat menempel di wadah dan masuk melalui pakan alhasil burung mengalami masalah kesehatan yang membuatnya semakin sulit untuk berkicau. Tentu hal tersebut akan membuat anda sebagai pemiliknya merasa khawatir.

Apabila burung menunjukkan penurunan status kesehatan, lebih baik bawa mereka ke dokter hewan. dengan begitu, kondisi tersebut tidak akan semakin parah. Penyembuhan juga akan berjalan dengan lebih cepat. Rutin berikan obat juga menjadi bagian dari cara merawat burung kolibri yang perlu digaris bawahi, oleh anda selaku pemiliknya.

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan cara memelihara burung kolibri yang baik dan benar, agar semakin gacor dan gemar berkicau. Untuk tips dan trik lain terkait dengan cara pemeliharaannya, anda bisa saling berdiskusi dengan pemelihara kolibri yang lain. Dengan begitu, pengetahuan anda tentang mereka juga akan meningkat.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.