Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Mengenal Macam Macam Jenis Burung Kicau yang Suara Kicauannya Merdu

3 min read

Mengenal Macam Macam Jenis Burung Kicau yang Suara Kicauannya Merdu

Di Indonesia terdapat banyak jenis burung kicau yang dipelihara karena memiliki suara yang merdu dan unik. Burung kicau ini juga sering diikutsertakan di ajang perlombaan untuk menunjukkan kelihaian kicauannya. Terdapat macam macam jenis burung kicau dengan suara kicauan yang merdu dan berasal dari daerah yang berbeda-beda. Yuk intip apa saja jenisnya dan daerahnya!

Burung Kicau, Primadona di Kalangan Kicau Mania

Tidak diragukan lagi banyak masyarakat Indonesia yang menyukai burung kicau, baik untuk dipelihara, diperlombakan, atau diperjualbelikan. Di Indonesia sendiri banyak jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan sering menjadi incaran para kicau mania, diantaranya adalah murai batu, cucak rowo, cucak ijo, kenari, dan masih banyak lagi lainnya.

Masing-masing jenis burung kicau tersebut memiliki keunikan tersendiri yang disukai oleh kicau mania. Sebagaimana namanya, burung kicau akan dipelihara untuk dikembangkan kicauannya agar lebih bervariasi. Umumnya, burung dengan kicauan yang bervariasi akan diperlombakan untuk mendapatkan juara. Burung yang sudah pernah menang akan memiliki nilai jual tinggi.

Macam Macam Jenis Burung Kicau yang Populer di Indonesia

  1. Burung Murai Batu

Murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki harga tinggi. Hal ini dikarenakan murai batu memiliki kecerdasan, yaitu mudah menirukan suara burung lainnya. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai burung murai batu untuk dijadikan burung peliharaan dan diperlombakan. Banyak pecinta burung kicau yang melatih murai batu agar memiliki variasi kicauan.

Burung murai batu sendiri terdiri dari beberapa jenis menurut daerah asalnya. Ada murai batu Kalimantan, Lampung, India, Nias, Irian, Borneo, Medan, dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing jenis murai batu ini memiliki ciri khas tersendiri, baik dari bentuk fisik, warna bulu, atau suara kicauannya. Namun, murai batu Medan adalah jenis murai batu yang terbaik dan diakui oleh dunia.

  1. Burung Cucak Ijo

Burung kicau lainnya yang tidak kalah populer di Indonesia adalah burung cucak ijo atau cucak hijau. Burung yang didominasi warna hijau pada bulunya ini biasa hidup secara berkelompok di alam liar. Meskipun didominasi oleh warna hijau, terdapat perpaduan warna hitam di bagian paruh dan kepalanya.

BACA JUGA : Cara Merawat Jalak Suren yang Benar

Cucak ijo termasuk macam macam jenis burung kicau yang mudah ditemukan di Indonesia, diantaranya di Banyuwangi, Sumatera, Kalimantan, dan Bali. Akan tetapi, jenis cucak ijo yang tengah menjadi primadona saat ini adalah cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi karena memiliki suara yang sangat merdu. Tidak heran jika banyak kicau mania yang suka dengan burung cucak ijo.

  1. Burung Pleci atau Kacamata

Burung pleci juga biasa disebut sebagai burung kacamata karena matanya yang berwarna hitam dikelilingi lingkaran yang berwarna putih. Hal itu membuatnya seperti sedang menggunakan kacamata. Pleci awalnya bukan termasuk burung kicau yang tenar di kalangan kicau mania. Namun, unjuk kebolehannya di ajang perlombaan membuatnya menjadi artis dadakan.

Banyak kicau mania yang memburu burung mungil ini untuk dipelihara. Tubuhnya yang sangat mungil memang sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Padahal di balik kemungilan tubuhnya, pleci memiliki suara kicauan yang sangat khas. Apabila suara tersebut dikembangkan dengan baik dan maksimal, burung pleci sangat layak untuk memenangkan perlombaan burung kicau.

  1. Burung Cucak Rowo

Cucak rowo merupakan macam macam jenis burung kicau yang dijual dengan harga mahal, sama seperti murai batu. Harganya yang mahal tersebut sangat sebanding dengan kualitas kicauan yang dimilikinya. Terdapat beberapa istilah untuk suara kicauan cucak rowo, seperti ropel, semi ropel, rusak, isian, nglagu, dan engkel yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Burung cucak rowo terbagi menjadi cucak rowo Lampung, cucak rowo Bengkulu, cucak rowo Kalimantan, cucak rowo Malaysia, cucak rowo Jawa Barat, dan cucak rowo Medan menurut daerah asalnya. Masing-masing jenis cucak rowo tersebut memiliki ciri fisik dan suara yang berbeda-beda. Hal ini juga berpengaruh terhadap harga jualnya yang berbeda-beda.

  1. Lovebird atau Burung Labed

Jenis burung kicau berikutnya adalah lovebird atau yang biasa disebut juga dengan burung labed. Ciri fisik dari burung ini memang sangat mencolok karena memiliki bulu dengan warna yang eye-catching. Umumnya, lovebird memiliki bulu dengan paduan oranye, hijau, dan kuning. Dilihat dari fisiknya, burung ini mirip dengan jenis burung parkit dan memiliki harga jual tinggi.

Sekalipun begitu, tidak menyurutkan para kicau mania untuk memeliharanya. Burung labed memiliki suara kicauan yang sangat unik dan biasa disebut dengan ngekek. Semakin ngekek kicauannya, artinya burung labed tersebut semakin bagus kualitasnya. Lovebird juga sering diikutsertakan di dalam perlombaan dan masuk sebagai salah satu jenis burung kicau dengan suara merdu.

  1. Burung Panca Warna atau Robin

Macam macam jenis burung kicau selanjutnya adalah burung panca warna yang mendapatkan julukan si cantik dengan suara yang merdu. Bagaimana tidak, burung robin ini memiliki tampilan fisik yang sangat cantik, yaitu perpaduan lima warna pada bulunya. Warna bulu yang dimiliki oleh burung panca warna adalah kuning, hitam, cokelat, oranye, dan biru.

Selain memiliki fisik yang cantik dan indah, burung ini juga memiliki suara kicauan yang khas. Tidak heran jika banyak kicau mania yang mengidolakan burung panca warna ini. warnanya yang indah sangat menyenangkan mata dan suara kicauannya yang merdu dapat menyenangkan telinga.

  1. Burung Kenari

Hampir sama dengan burung pleci yang memiliki fisik mungil, kenari juga dikenal dengan burung yang mungil. Meski demikian, burung ini memiliki suara kicauan yang khas dan memiliki istilah tersendiri di kalangan para kicau mania, yaitu ngeriwik. Untuk membuat kenari cepat ngeriwik, tentu perlu untuk dilatih dengan suara masteran.

Semakin kaya variasi kicauan burung kenari, maka harga jualnya juga akan semakin tinggi. Banyak kicau mania yang memelihara burung ini untuk melatihnya dan memiliki variasi kicauan yang beragam. Dengan begitu, burung kenari akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diikutsertakan di ajang perlombaan.

  1. Burung Tledekan

Burung tledekan masuk ke dalam macam macam jenis burung kicau yang sedang naik daun saat ini. Pasalnya, burung tledekan sudah diikutsertakan di ajang perlombaan burung kicau dengan kelas tersendiri. Akhirnya, semakin banyak kicau mania yang berburu burung tledekan untuk dipelihara dan dilatih kicauannya.

Hampir seluruh jenis burung tledekan memiliki dominasi warna bulu biru. Terdapat empat jenis tledekan yang paling populer dipelihara, yaitu tledekan selendang biru, tledekan gunung, tledekan laut, dan tledekan bakau. Namun, jenis yang paling terkenal adalah tledekan gunung.

Selain kedelapan burung kicau di atas, masih banyak lagi jenis burung kicau lainnya yang ada di Indonesia. Masing-masing burung memiliki ciri tersendiri, baik dari segi fisik, bulu, hingga kicauannya. Burung kicau memang memiliki banyak penggemar karena memiliki kicauan yang unik dan merdu.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.