Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Mengulas Cara Mengatasi Murai Batu Hilang Mental dengan Cepat

2 min read

Mengulas Cara Mengatasi Murai Batu Hilang Mental dengan Cepat

Sebagai burung kicau tipe petarung, membahas seputar cara mengatasi murai batu hilang mental memang menarik untuk dibahas. Para pecinta burung murai tentu tidak sedikit yang mengalami hal ini. Ketika burung murai peliharaan anda hilang mental, anda tidak perlu khawatir. Berikut akan dibahas cara mengatasi burung murai batu yang hilang mental dengan cepat.

Mengenal Penyebab Mental Murai Batu Menjadi Drop

Sebelum mengetahui cara mengatasi murai batu yang hilang mental, maka anda juga perlu tahu apa saja yang menyebabkan burung kicau indah ini mengalami mental drop. Secara umum, murai batu yang masih berusia muda memang sering labil, entah itu hasil tangkapan dari hutan maupun hasil penangkaran. Artinya, mental drop pada murai batu adalah hal yang wajar terjadi.

Sementara itu, penyebab murai batu yang hilang mental hingga mogok berbunyi pun sangat beragam. Mental murai yang drop bisa disebabkan karena tidak pernah diperhatikan oleh pemiliknya. Misalnya, burung murai hanya digantung di tempat yang sepi dan minim interaksi dengan pemiliknya. Ditambah lagi dengan perawatan yang asal-asalan.

Dengan kondisi seperti ini, kondisi murai batu hilang mental akan semakin mudah terjadi. Burung yang awalnya jinak menjadi liar kembali karena jarang berinteraksi dengan pemiliknya. Penyebab yang kedua bisa jadi karena burung murai sering diperlombakan ketika kondisi tubuhnya belum fit. Misalnya setelah mabung dan kesehatannya belum baik langsung dilombakan.

BACA JUGA : cara membuat murai batu fighter

Hal ini juga dapat memicu burung murai menjadi stres, sehingga mentalnya drop dan mogok berbunyi. Penyebab lainnya bisa jadi karena perawatan yang berubah-ubah, sehingga memicu stres atau burung murai mengalami kalah mental karena bertemu dengan lawannya. Beberapa hal di atas bisa menjadi penyebab burung murai baru mengalami drop mental.

Setelah mengetahui apa saja kemungkinan penyebabnya, kini anda bisa menentukan cara yang tepat untuk mengatasi kondisi burung murai batu peliharaan anda. Pasalnya, merawat burung murai yang hilang mental tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan memerlukan cara khusus.

Cara Mengatasi Burung Murai Batu Hilang Mental

Kunci untuk mengatasi burung murai batu yang hilang mental adalah dengan memanjakannya, baik itu pemberian makanan yang ia suka atau perhatian penuh yang diberikan oleh pemiliknya. Dengan demikian, kepercayaan diri dari burung murai batu akan kembali secara perlahan seperti sedia kala dan kembali gacor untuk menghibur anda dan siap diperlombakan.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengerodong penuh sangkarnya dan meletakkan di tempat yang sepi, tenang, dan jauh dari suara kicauan burung lainnya. Dengan cara ini, burung murai batu akan menenangkan dirinya dan bersiap untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain perawatan sangkar, pemberian makanan juga perlu dimanjakan.

Anda bisa memberikan makanan yang disukai oleh burung murai peliharaan anda, seperti jangkrik atau makanan lainnya. Apabila burung murai batu peliharaan anda suka buah, anda juga bisa memberikannya potongan buah yang sudah diolesi dengan madu. Dengan demikian, burung murai batu hilang mental dan pulih sedikit demi sedikit.

Selama masa pemulihan kondisi kesehatannya, sebaiknya jangan memandikan burung murai terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya kondisi mentalnya tidak drop lagi dan lebih tenang. Jangan lupa untuk memberinya suplemen atau vitamin yang bisa menjaga daya tahan tubuhnya tetap fit dan segar. Setelah memberikan perawatan selama 1 – 2 hari, anda bisa merawat seperti biasa.

Cara Merawat Burung Murai Batu dengan Benar

Ketika burung murai batu peliharaan anda mengalami drop mental, maka anda perlu memberikan perawatan khusus untuk mengembalikan kondisinya. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari burung murai batu mengalami hilang mental. Yang paling utama tentunya adalah perawatan yang baik dan benar.

Setiap burung memiliki cara perawatan yang berbeda, sehingga anda juga harus mengerti bagaimana cara merawat burung murai yang benar. Untuk mencegah murai batu hilang mental, anda bisa menganginkan burung di teras selama 30 menit sebelum dimandikan. Setelah itu, burung dimandikan dengan keramba atau semprot.

Usai dimandikan, anda harus menjemur burung murai batu agar bulunya yang basah kembali kering dan untuk durasi penjemurannya bisa dilakukan selama 2 jam. Saat menjemur, pisahkan satu burung murai batu dengan murai batu lainnya. Setelah itu, bersihkan sangkarnya secara rutin untuk menghindari penyakit.

Setelah dimandikan, anda bisa memberikan extra food berupa jangkring yang diletakkan di dalam wadah, kemudian lakukan pemasteran mulai jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Pada sore hari, anda bisa memberikan jangkrik sebanyak 2 ekor saja dan berikan kroto sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Ketika murai batu peliharaan anda mengalami hilang mental, anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya. Pasalnya, penyebab murai batu yang hilang mental juga bermacam-macam. Kuncinya adalah memberikan perhatian dan makanan yang lebih kepada murai batu peliharaan anda.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau