Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Mengulik Tahap Tahap Menjodohkan Murai Batu Untuk Hasilkan Keturunan Berkualitas

2 min read

Tahap Tahap menjodohkan murai batu

Proses perjodohan sangat dibutuhkan oleh burung murai agar keturunan yang dihasilkan memiliki kualitas yang tetap terjaga. Apabila kurang hati hari, bukan tidak mungkin jika induknya malah stress dan mengalami kematian. Lantas bagaimana tahap tahap menjodohkan Murai Batu? Yuk simak informasi selengkapnya di sini.

Penjelasan Tentang Tahap Tahap Menjodohkan Murai Batu

1. Memberikan Ebod Breeding

Selama proses perjodohan, sangat penting bagi anda untuk menjaga tingkat kestabilan emosi atau level birahi indukan jantan dan betina. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan vitamin berupa Ebod Breeding. Untuk anda yang belum tahu, vitamin tersebut memiliki banyak fungsi yang berkaitan dengan ternak burung.

Produk ini dapat meningkatkan kesuburan, merangkang produktivitas telur, memperbaiki kualitas telur, dan merangsang birahi. Adapun produk tersebut cocok untuk berbagai jenis burung ternak seperti Lovebird, Murai Batu, Kenari, dan Merpati. Anda bisa memberi vitamin itu di berbagai toko perlengkapan burung.

2. Menyimpan Indukan Dalam Satu Ruangan

Tahapan selanjutnya, anda perlu memasukkan indukan jantan dan betina di dalam satu ruangan. Namun tetap biarkan keduanya berada di dalam sangkarnya masing masing. Anda hanya perlu membuka kerudung atau penutup dangkarnya agar mereka bisa saling melihat satu sama lain. Dengan begitu, mereka bisa semakin mengenal sampai pada akhirnya disatukan.

BACA JUGA : Mau Tips Ternak Murai Batu? Simak Tips Berikut Supaya Cepat Bertelur, Gacor, dan Fighter!

Anda selaku pemilik burung juga harus memastikan bahwa ruangan yang digunakan memenuhi standard. Apabila kondisinya saat malam terlalu dingin, maka anda boleh menutup kembali kerodong nya. Nanti setelah pagi hari, buka kembali penutup sangkarnya agar mereka semakin terbiasa dan perjodohan berjalan lancar.

3. Memandikan Indukan Secara Berdampingan

Bagian dari tahap tahap menjodohkan Murai Batu  yang berikutnya yaitu memandikan keduanya secara berdampingan. Caranya mudah, yaitu cukup letakkan saja dua sangkar keramba mandi secara berjejeran dengan jarak sekitar setengah meter. Biarkan mereka bersebelahan selama beberapa menit. 

Setelah keduanya mandi, jermulah keduanya secara berdampingan pula. Proses ini perlu dilakukan berkali kali sehingga setiap mandi mereka berdua memiliki kesempatan untuk saling mengenal. Setelah keduanya akrab, maka proses perjodohan dapat dipastikan berhasil karena keduanya sudah merasa tidak asing. 

4. Pisahkan Keduanya Di Ruangan Berbeda

Tahapan keempat yang juga perlu anda lakukan adalah memisahkan sangkar antara indukan jantan dan betina di ruangan yang berbeda. Langkah ini dilakukan untuk melihat bagaimana respon keduanya saat tidak diletakkan dalam satu ruangan. Jika kedua burung Murai Batu saling bersahutan, maka artinya mereka sudah mulai berjodoh.

Proses pemisahan ini bisa anda lakukan jika tahapan yang sebelumnya telah berlangsung setidaknya satu minggu. Harapannya kedua burung memberikan respon yang positif sehingga proses penjodohan tidak akan mengalami kendala. Akan sangat disayangkan jika ternyata keduanya sama sama pasif dan terlihat tidak tertarik.

5. Masukkan Induk Jantan Dalam Penangkaran

Tahapan berikutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan memasukkan induk jantan ke dalam penangkaran. Langkah yang satu ini masuk dalam langkah terakhir dari tahap tahap menjodohkan Murai Batu. Biarkan terlebih dahulu jantan saja yang ada di dalam kandang tersebut. Setidaknya beri waktu dia untuk beradaptasi dan mengenal lingkungannya.

Setelah itu, masukkan burung murai betina namun biarkan masih tetap di dalam sangkar. Jadi pada intinya, pada tahapan ini hanyalah burung Murai Batu jantan saja yang lebih bebas. Lihatlah bagaimana interaksi keduanya. Jika terlihat sudah dekat, maka artinya burung murai betina bisa anda hubungkan dengan jantan di kandang penangkaran tanpa ada pembatas.

6. Masukkan Induk Betina Dalam Penangkaran

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan hanyalah tinggal memasukan betina ke dalam sangkar penangkaran. Langkah inilah yang sangat penting dan sangat menentukan keberhasilan penjodohan burung Murai Batu. Biasanya induk jantan yang akan mendekati induk betina dan terlihat seperti hendak menyerang. Amati mereka setidaknya dua hari.

Tahap Menjodohkan Murai Batu yang telah dijelaskan ini harus anda perhatikan dngan baik. Apabila sikap jantang terlalu agresif, maka lebih baik pisahkan keduanya selama satu hari lagi. Jika sudah sekikit tenag, kembali satukanlah kedua indukan tersebut. Apabila masih saja tidak ada tanda tanda membaik, maka artinya anda harus memilih indukan lain.

7. Memilih Indukan Lain

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tahap tahap menjodohkan Murai Batu tidaklah mudah. Ada kalanya jantan dan betina sama tidak muncul ketertarikan. Anda sebagai penangkar tidak dapat memaksakan jika memang keduanya tidak cocok. Oleh karena itu, anda bisa memilih jantan atau betina lain dan mengulang perjodohannya mulai dari awal.

Itulah tahapan penjodohan Murai Batu yang harus setiap peternak lalui. Langkah tadi perlu anda lakukan dengan penuh dengan kesabaran. Akan sangat disayangkan jika anda terlalu terburu buru dan malah mengakibatkan burung Murai stress dan mati. Selain itu, langkah tadi perlu dilakukan agar proses perkawinan terjadi dengan alami dan tanpa ada yang tersiksa.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau