Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Jangan Khawatir! Berikut Perbedaan Burung Gereja Jantan Dan Betina Secara Fisik

2 min read

Jangan Khawatir! Berikut Perbedaan Burung Gereja Jantan Dan Betina Secara Fisik

Burung gereja atau burung pingai merupakan hewan kecil berkelompok yang cukup mudah ditemui di alam liar. Meski demikian, kicauan burung gereja yang sangat merdu menjadikan hewan ini menjadi cocok dijadikan peliharaan. Terlebih lagi jenis burung yang memiliki jenis kelamin jantan. Untuk itu, kenali perbedaan burung gereja jantan dan betina dengan melihat fisiknya disini.

Ciri Fisik Yang Menunjukkan Perbedaan Burung Gereja Jantan Dan Betina

  1. Kondisi Postur Tubuh

Tak hanya burung gereja, bentuk postur tubuh memang seringkali menjadi pembeda utama jenis kelamin jantan dan betina pada hewan. Pasalnya, hewan berjenis kelamin jantan seringkali memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina. Bentuk postur tubuh ini bahkan dapat menunjukkan kondisi tubuh yang lebih kuat.

Untuk itu, anda bisa membedakan burung gereja jantan maupun betina dengan mengamati postur tubuh hewan yang satu ini. Jika menemukan ukuran tubuh burung pingai yang cenderung sama, burung pingai jantan umumnya akan menunjukkan bentuk tubuh yang lebih gempal dan terlihat gemuk.

  1. Warna Kepala

Mencari tahu perbedaan jenis kelamin pada burung gereja juga dapat dilakukan dengan mengamati warna kepala secara seksama. Hal ini ditunjukkan oleh warna bulu yang menutupi kepala burung guna menunjukkan ciri khas yang unik. Anda bahkan bisa langsung mengenali perbedaan kedua jenis burung yang satu ini karena terlihat sangat mencolok.

Jika dijabarkan, burung gereja jantan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan yang betina. Ketertarikan ini ditunjukkan oleh warna coklat kemerahan yang terdapat pada burung pingai jantan sehingga tampak lebih gagah. Sebaliknya, burung pingai betina memiliki warna bulu kepala coklat yang cenderung lebih kusam.

  1. Warna Pipi

Perbedaan burung gereja jantan dan betina juga bisa dikenali melalui warna bulu yang terdapat pada bagian pipi. Pasalnya, warna ini akan menunjukkan sikap tegas yang dimiliki oleh hewan jantan. Sedangkan burung betina dihiasi warna yang dapat memberikan kesan layaknya hewan betina.

Jika dilihat, anda akan menemukan warna bulu yang cenderung lebih hitam dan pekat pada hewan jantan. Sebaliknya, warna hitam yang cenderung kusam membentuk warna abu-abu dimiliki oleh burung pingai betina. Tentu saja anda perlu mengenali warna bulu dengan seksama agar bisa membedakan kedua jenis hewan kecil yang satu ini.

  1. Warna Bulu Pada Bagian Tenggorokan

Selanjutnya, lihat secara detail perbedaan warna bulu yang terdapat pada bagian tenggorokan untuk membedakan jenis kelamin bungai pingai. Cara ini bisa dilakukan secara hati-hati agar burung tetap merasa nyaman dalam genggaman sembari melihat bagian bulu pada tenggorokan secara detail.

BACA JUGA : Cara Menjinakan Burung Gereja

Menariknya, perbedaan yang ditunjukkan oleh burung gereja jantan dan betina pada bagian ini memiliki kesamaan dengan warna bulu yang terdapat pada bagian pipi. Anda bisa mengamati warna hitam pekat pada burung jantan dan warna bulu hitam yang cenderung keabu-abuan pada burung betina.

  1. Warna Paruh

Paruh juga menjadi komponen utama yang perlu diamati ketika memilih burung gereja. Pasalnya, warna paruh yang terdapat pada hewan ini dapat menunjukkan perbedaan burung gereja jantan dan betina dengan baik. Meski demikian, kedua paruh yang dimiliki burung jantan dan betina memiliki bentuk yang sama sesuai fungsinya.

Anda bahkan bisa langsung mengenali jenis kelamin hewan yang satu ini hanya dengan melihat sepintas warna paruh yang dimilikinya. Hal ini karena burung pingai jantan memiliki warna yang cenderung hitam pekat, sedangkan burung pingai betina memiliki paruh yang cenderung kecoklat-coklatan. Tak ayal jika perbedaan ini cenderung mencolok meski jarang disadari.

  1. Warna Bulu Punggung

Pengenalan burung pingai jantan dan betina juga bisa diketahui dengan melihat warna bulu yang terdapat pada bagian punggung. Lazimnya, perbedaan ini menunjukkan bentuk ketegasan jenis kelamin dengan baik sebagaimana yang ditunjukkan pada bagian lainnya. Terlebih lagi warna bulu pada bagian punggung terlihat jelas dan memberikan karismatik.

Mengetahui kondisi tersebut, tak ayal jika burung pingai jantan memiliki warna yang lebih elegan karena tampil lebih gagah. Warna bulu punggung pada hewan jantan ditunjukkan dengan warna coklat yang cenderung lebih cerah. Sedangkan warna burung gereja jantan cenderung lebih redup dan kusam.

  1. Warna Garis Pada Tubuh

Selain itu, perbedaan burung gereja jantan dan betina bisa dilihat dari warna garis tubuh yang menghiasi sekujur tubuhnya. Bahkan, warna ini menunjukkan perbedaan secara signifikan meskipun anda akan melihat warna garis putih pada bagian bulu tubuh dan sayap yang cenderung sama.

Jika mengamati secara seksama, burung gereja jantan memiliki warna garis putih cerah dan burung gereja betina memiliki garis ujung yang terlihat kusam atau kekuningan. Tentu saja, cara membedakan warna ini sama ketika melihat pada komponen lainnya karena burung betina cenderung memiliki warna yang kusam dan burung jantan menunjukkan warna yang tegas.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.