Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Rekomendasi Jenis Makan Burung Cucak Rowo Terbaik. Apa Saja?

2 min read

Rekomendasi Jenis Makan Burung Cucak Rowo Terbaik. Apa Saja

Jika anda pecinta kicau mania, tentu sudah banyak tahu tentang keberagaman jenis burung yang ada di Indonesia. Asal muasal keberadaan hewan ini bahkan menjadi salah satu faktor penting dalam memberikan perlakukan yang berbeda. Bahkan, anda sangat disarankan untuk menyiapkan jenis maka burung cucak rowo yang berbeda dari burung lainnya. Berikut ulasannya.

Jenis Makan Burung Cucak Rowo Yang Wajib Diperhatikan

  1. Voer

Anda tentu tidak asing dengan makanan voer bukan? Jenis pakan burung yang sengaja diformulasikan oleh pabrik ini memiliki nutrisi makanan yang sesuai untuk kebutuhan burung. Terlebih lagi terdapat kandungan protein, vitamin dan mineral dengan dosis yang pas untuk menjaga daya tahan tubuh cucak rowo.

Voer umumnya bisa disediakan dengan cara meletakkannya ke dalam wadah celepuk di dalam sangkar. Makanan ini bahkan menjadi pengganti barbecue yang wajib selalu disiapkan untuk mengantisipasi apabila burung cucak rowo sewaktu-waktu kelaparan, baik ketika pagi hari, siang hari maupun malam hari.

BACA JUGA : Cara Merawat Burung Cucak Rowo yang Baik dan Benar!

Meski demikian, pemberian jenis pakan burung yang satu ini nyatanya perlu diperhatikan dengan baik. Anda dapat membatasi jumlah pemberian voer setiap harinya agar cucak rowo tetap stabil. Sehingga, risiko obesitas atau kelebihan berat badan dapat diatasi dan burung dapat bergerak aktif untuk mengeluarkan suara merdunya.

  1. Pisang

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda dapat memberikan pisang sebagai makan burung cucak rowo sehari-hari. Pisang termasuk salah satu pakan alami yang banyak mengandung karbohidrat, mineral dan vitamin sehingga cucak rowo akan selalu sehat dan bergerak aktif. Bahkan, buah ini menjadi salah satu makanan favorit walaupun burung ini bisa makan jenis buah lainnya.

  1. Jangkrik

Jangkrik juga menjadi salah satu makanan favorit burung cucak rowo karena rasa dan nutrisinya. Pasalnya, anda bisa memberikan jenis makanan ini 2 kali dalam sehari secara rutin. Jangan lupa memberikan jenis makanan jangkrik cukup porsi dengan menghilangkan kaki dan kepalanya agar cucak rowo lebih mudah ketika mengkonsumsinya.

Menariknya, makanan yang satu ini memiliki protein baik bagi burung. Sehingga jangkrik dapat menjaga daya tahan tubuh hewan ini sekaligus memberikan nafsu berirama. Tak ayal jika anda perlu memberikan porsi makanan sesuai aturan agar cucak rowo yang anda miliki rajin bernyanyi dengan volume keras.

  1. Kroto

Kroto juga menjadi salah satu jenis makan burung cucak rowo terbaik untuk memenuhi kebutuhan kicau burung. Pasalnya, kroto merupakan jenis makanan alami berupa telur semut merah besar yang belum berubah. Kandungan nutrisi lengkap yang terdapat pada jenis pakan ini bahkan mampu membantu pencernaan burung.

Sayangnya, stok kroto tergolong cukup sulit untuk didapatkan karena masih banyak diburu di alam liar. Padahal ketentuan pemberian kroto untuk hasil yang maksimal perlu dilakukan secara rutin. Anda juga wajib menyediakan jenis pakan ini dalam keadaan segar agar dapat menambah kekebalan tubuh, vitalitas hingga kualitas nada kicau.

  1. Ulat Hongkong (UH)

Dalam kondisi musim hujan, ulat hongkong atau dikenal sebagai UH seringkali menjadi salah satu makanan favorit yang dapat dikonsumsi cucak rowo. Ulat hongkong memiliki bulu yang dapat memberikan efek panas sehingga dapat menjaga kesehatan burung ketika musim dingin agar tidak mudah terinfeksi dan terserang penyakit.

Meski demikian, jenis makan burung cucak rowo ini ternyata dapat memberikan efek berbahaya jika diberikan secara berlebihan. Kondisi bulu ulat hongkong yang dapat memberikan reaksi panas atau hangat dapat menyebabkan bulu burung cucak rowo rontok dan rusak hingga menyebabkan katarak.

  1. Kelabang

Kelabang juga tak kalah saing sebagai pakan favorit yang dapat diberikan untuk cucak rowo. Lazimnya, pakan ini dapat menjadi nutrisi pelengkap untuk meningkatkan kinerja kicauan sekaligus mengatasi masalah kebisingan dan kurang gairah. Meski demikian, pemberian jenis makanan ini perlu dilakukan dengan membuang bagian kepala dan ekor lalu memotongnya.

  1. Cacing Tanah

Selanjutnya, cacing juga memiliki manfaat lain sebagaimana kelabang karena berperan sebagai makanan tambahan yang baik. Jenis pakan ini bahkan mampu menunjang kebutuhan nutrisi protein burung hingga 70%. Begitu pula, cacing tanah dapat merangsang cucak rowo agar gemar berkicau.

Meski demikian, anda perlu mengikuti aturan pemberian pakan ini dengan baik. Cacing yang sudah dipilih harus dicuci hingga bersih sebelum diberikan kepada burung cucak rowo. Anda juga tidak disarankan untuk memberikan cacing yang sudah mati karena dapat berbahaya bagi pencernaan hewan ini.

  1. Pepaya

Selain itu, anda bisa memberikan jenis makan burung cucak rowo lain seperti buah pepaya. Makanan lezat dengan kandungan vitamin C ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin cucak rowo dengan baik. Bahkan, buah yang satu ini dapat menjadi makanan pelengkap untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.