Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Dijamin Gacor, Berikut Resep Makanan dan Racikan Minuman Untuk Murai Batu

2 min read

Dijamin Gacor, Berikut Resep Makanan dan Racikan Minuman Untuk Murai Batu

Memiliki burung yang suaranya gacor adalah impian semua orang, termasuk mereka yang memelihara burung Murai Batu. Untuk mencapai hal tersebut, pemilik burung harus tahu bagaimana cara merawat mereka dengan baik. Lantas tahukah anda jika bunyi yang gacor bisa didapat melalui ramuan? Yuk simak makanan dan racikan minuman untuk Murai Batu di sini.

Resep Racikan Minuman Untuk Murai Batu

1. Jahe

Jahe merupakan rempah rempah yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Bahan ini banyak sekali dimanfaatkan dalam dunia makanan dan minuman. Siapa sangka jika ternyata bahan tersebut juga baik untuk burung Murai. Suara mereka akan semakin lantang sehingga membuat mereka siap bertanding di arena kicau.

2. Madu dan Kencur

Sama seperti manusia, kombinasi kencur dan madu juga ternyata berkhasiat positif bagi Burung Murai. Seperti yang anda ketahui, kencur memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Daripada hanya membuat ramuan dengan bahan kencur, anda bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Madu ini juga merupakan bahan alami yang masuk dalam salah satu bahan yang memiliki banyak khasiat untuk Murai Batu,salah satunya meningkatkan energy. Dengan begitu, rumah anda akan semakin meriah karena kicauannya. Alasan lain ramuan ini dipilih karena juga dapat menjaga kesehatan si burung.

3. Kuning Telur

Bahan racikan minuman untuk Murai Batu yang berikutnya adalah telur. Bahan ini dipakai karena mudah untuk didapatkan. Banyak sekali pemilik Murai Batu yang menggunakan bahan tersebut sebagai pendorong stamina burung yang mereka pelihara. Sudah bukan rahasia lagi jika memang kuning telur kaya akan nutrisi.

Bagaimana Cara Memberikan Ramuan Tersebut?

Berbagai ramuan tradisional berbahan alami yang telah disebutkan tadi bisa memberikan khasiat yang baik jika ditunjang dengan cara pemberian yang tepat. Ada kalanya burung Murai batu enggan mengkonsumsi makanan dan minuman yang diberikan karena tidak terbiasa. Anda perlu melakukannya dengan penuh kesabaran.

Agar lebih mudah masuk ke dalam mulut, anda bisa menggunakan pipet. Teteskan ramuan tersebut ke dalam mulutnya sedikit demi sedikit. Usahakan lakukan dengan telaten agar mereka terbiasa. Sayangnya langkah yang baru saja diberikan tadi kurang mudah jika ramuan yang diberikan adalah kuning telur.

BACA JUGA : Murai Macet Bunyi? Yuk Intip Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Meskipun begitu, anda tetap harus memastikan bahwa kegiatan yang anda lakukan ini tidak membuat burung menjadi stress dan tertekan. Takutnya, pemberian racikan minuman untuk Murai Batu ini malah membuatnya sakit. Akan sangat disayangkan pula jika pada akhirnya burung malah tertekan dan enggan bersuara.

Asupan Makanan Bergizi Untuk Burung Murai Batu

1. Jangkrik

Jangkrik sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk burung. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan kemampuan berkicaunya. Selain itu, burung juga bisa mengalami peningkatan birahi sehingga cocok untuk mereka yang memasuki usia siap kawin. Dengan begitu, mereka juga semakin mudah dijodohkan.

Sebagai informasi tambahan, jangkrik cocok sebagai pendamping racikan minuman untuk Murai karena mereka kaya akan kandungan berupa protein, lemak, asam amino, hormone steroid, karbohidrat, hormone progesterone, hormone estrogen, dan protein kolagen. Jangkrik juga mengandung kalori sebesar 4,87 kalori per gram.

2. Kroto

Untuk orang yang sudah terbiasa memelihara burung kicauan, maka kroto sudah menjadi barang yang tidak asing. Kroto dapat membuat tubuh burung menjadi bugar dan fit. Tidak heran jika bahan ini cocok sebagai pendamping racikan minuman untuk Murai Batu. Mereka juga akan lebih rajin berkicau dibandingkan dengan sebelumnya.

Trotolan atau burung muda yang mengkonsumsi mereka akan mengalami peningkatan perkembangan otak. Dengan begitu, si burung mampu merekam lebih banyak suara. Alhasil, suara kicauan yang bisa mereka hasilkan semakin beragam. Burung yang gacor dan bersuara lantang adalah salah satu kriteria burung terbaik untuk perlombaan.

3. Ulat Kandang

Anda yang belum familiar dengan burung pastinya merasa bingung apa perbedaan antara ulat hongkong dan ulat kandang. Kedua jenis serangga ini sama sama umum digunakan sebagai pakan burung. Akan tetapi, ulat kandang lebih banyak dipilih untuk burung yang ukurannya kecil, misalnya pleci, ciblek, glatik, dan tledekan. Alasannya karena ulat tersebut juga berukuran kecil.

Dari uraian tadi, terlihat bahwa anda juga dapat menggunakan ulat kandang sebagai asupan nutrisi tambahan. Harga ulat kandang juga tergolong murah sehingga anda tidak perlu khawatir terkait dengan masalah biayanya. Nutrisi ini cocok sebagai pendamping racikan minuman untuk Murai Batu karena terbukti  dapat membuat burung semakin gacor dibandingkan sebelumnya.

Itulah beberapa informasi yang perlu anda ketahui terkait dengan makanan dan minuman yang baik untuk Murai Batu. Selama anda memberikan asupan nutrisi yang baik, maka si burung juga akan semakin gacor. Suara yang dimilikinya juga kana semakin lantang sehingga besar kemungkinan bagi mereka untuk menang di setiap pertandingan.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau