Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Tips dan Cara Merawat Burung Wambi yang Tepat, Yuk Simak!

2 min read

Tips dan Cara Merawat Burung Wambi yang Tepat, Yuk Simak

Sebagai salah satu burung kicau, perawatan untuk burung wambi harus dilakukan dengan baik. Dengan pemberian perawatan yang baik, burung wambi akan rajin berkicau dan gacor. Untuk itu, mengetahui cara merawat burung wambi yang tepat wajib diketahui oleh pecinta burung kicau. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini sampai selesai!

Menggunakan Metode Pengembunan

Burung wambi termasuk salah satu burung kategori atas yang banyak memiliki penggemar. Tidak jarang burung yang satu ini sering menghiasi festival perlombaan burung kicau. Pemeliharaannya pun terbilang mudah, hanya saja perlu mengondisikan birahinya dengan baik. Hal ini bertujuan untuk menjaga suara kicauannya tetap stabil dan tidak lesu.

Perawatan pertama yang bisa dilakukan adalah metode pengembunan yang dilakukan setiap pukul 5 pagi. Metode ini berfungsi untuk menjaga kualitas dari suara burung wambi. Wambi yang dirawat dengan metode ini secara rutin setiap pagi akan memiliki suara yang nyaring dan maksimal.

Memandikan dan Melakukan Penjemuran

Perawatan wajib untuk burung wambi adalah mandi dan berjemur. Burung wambi bisa dimandikan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari. Waktu mandi pagi yang cukup ideal adalah ketika sinar matahari sudah muncul, yaitu sekitar pukul 8 pagi. Cara merawat burung wambi selanjutnya adalah melakukan penjemuran dengan durasi sekitar 1 hingga 2 jam.

BACA JUGA : Makanan Burung Wambi Agar Cepat Gacor 

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah tidak menjemur wambi di atas pukul 11 siang. Cuaca yang terlalu menyengat tidak akan baik untuk wambi karena bisa merusak bulu, menyebabkan burung dehidrasi, dan membuat suaranya menjadi serak. Saat hendak memandikan wambi di sore hari juga perlu memperhatikan kondisi cuaca.

Pastikan cuaca sedang dalam kondisi cerah, tidak mendung atau tidak hujan. Apabila cuaca sedang mendung atau hujan, sebaiknya tidak memaksa untuk memandikan wambi. Hal ini bertujuan untuk mencegah burung wambi kedinginan dan menjadi sakit nantinya. Memandikan wambi secara rutin sangat penting untuk menjaga bulunya tetap bersih dan sehat.

Melakukan Pemasteran yang Tepat

Pemberian suara masteran juga penting dilakukan untuk burung kicau seperti wambi. Burung wambi termasuk burung yang cerdas dan mudah menirukan suara yang diberikan. Cara merawat burung wambi dalam hal pemasteran ini akan lebih baik jika dilakukan ketika burung dalam kondisi dikerodong. Kondisi akan membuat wambi lebih fokus dalam menirukan suara masteran.

Suara masteran yang digunakan bisa berasal dari jenis burung lain yang asli atau menggunakan rekaman suara burung. Pemasteran juga bisa dilakukan ketika wambi dalam kondisi pasif. Selain memberikan perawatan yang prima dan terbaik, pemasteran juga perlu dilakukan dengan tepat agar burung wambi bisa menirukan suara dengan cepat.

Menjaga Kebersihan Kandang

Merawat burung wambi tentu tidak hanya memperhatikan kondisi fisik burungnya, tetapi juga memperhatikan kondisi kandangnya. Kandang burung wambi harus dibersihkan setiap hari dari kotoran yang ada. Kandang yang kotor akan membuat wambi tidak nyaman dan bisa mempengaruhi kesehatannya.

Selain itu, meletakkan kandang juga perlu memperhatikan kondisi burung. Setelah burung wambi dijemur, sebaiknya letakkan kandang di tempat yang teduh. Umumnya wambi akan mulai berkicau setelah dijemur. Dengan dukungan lingkungan yang nyaman, kicauannya akan semakin bagus. Pastikan juga lokasi kandang aman dari gangguan orang atau hewan lainnya.

Cara Merawat Burung Wambi dengan Makanan

Kesehatan burung wambi juga menjadi prioritas utama agar wambi tetap bugar dan rajin berkicau. Burung yang satu ini sangat menggemari buah-buahan dan serangga. Beberapa buah yang bisa diberikan kepada wambi adalah pepaya dan pisang kepok. Sementara itu, serangga yang disukai oleh burung wambi adalah kroto, jangkrik, dan serangga semacamnya.

Untuk menunjang performanya, vitamin dan ekstra fooding juga bisa diberikan. Biasanya burung wambi diberikan voer dengan kualitas yang bagus. Tersedia banyak sekali merek voer yang ada di pasaran. Voer yang diberikan kepada burung wambi harus sesuai dengan jenis voer yang disukainya. Dengan begitu, nutrisinya akan terserap dengan baik.

Melakukan Terapi dengan Wambi Betina

Pengondisian birahi burung wambi sangatlah penting untuk menjaga performa kicauannya. Birahi yang tidak stabil berpotensi untuk membuat burung wambi lesu dalam berkicau dan tidak gacor. Cara merawat burung wambi untuk menstabilkan birahinya adalah dengan terapi dengan wambi betina.

Ketika birahi wambi jantan dalam kondisi normal, hal itu akan memicunya untuk rajin berkicau. Pemilihan betina untuk terapi pun tidak bisa sembarangan, melainkan harus cocok dengan wambi jantan. Hal ini juga penting untuk menjaga agar wambi jantan tidak stres dan macet bunyi.

Beberapa tips dan cara di atas dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan performa burung wambi. Dengan perawatan yang baik, maka kondisi burung wambi juga akan stabil, sehingga lebih rajin berbunyi dan gacor. Burung wambi yang gacor adalah impian bagi pada pecinta burung kicau.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.