Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Yuk Intip Cara Menjinakan Kacer dengan Mudah

2 min read

Yuk Intip Cara Menjinakan Kacer dengan Mudah

Kacer termasuk salah satu jenis burung yang memiliki harga mahal karena kicauannya yang kuat dan postur tubuhnya yang gagah. Tidak tanggung-tanggung, harga satu burung kacer bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, langkah pertama untuk mendapatkan kacer yang berkualitas adalah dengan mengetahui cara menjinakan kacer terlebih dahulu. yuk simak ulasannya!

Memberikan Kandang yang Sempit

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk menjinakan kacer adalah dengan memberinya kandang yang sempit. Mengapa menggunakan kandang yang sempit? Karena kacer termasuk burung yang aktif bergerak kesana-kemari. Dengan memberinya kandang yang sempit, maka akan semakin mempermudah langkah selanjutnya untuk membuatnya menjadi jinak.

BACA JUGA : Makanan agar kacer gacor

Memberikan kandang yang sempit ini bisa anda lakukan jika selama beberapa hari burung kacer peliharaan anda belum menunjukkan tanda-tanda sebagai burung yang jinak. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan sementara saja untuk membuat burung kacer menjadi jinak. Jika sudah jinak, maka segera pindahkan ke kandang yang lebih besar supaya kacer tidak stres.

Cara Menjinakan Kacer dengan Memandikannya Hingga Basah Kuyup

Untuk menjinakan burung kacer yang masih terlalu giras, anda bisa memandikannya hingga basah kuyup. Cara ini akan membantu anda dan burung kacer tercipta hubungan emosional yang baik, sehingga burung kacer tidak lagi menganggap anda sebagai ancaman untuk dirinya. Saat tubuhnya basah kuyup ketika mandi, maka ia merasa bahwa anda sudah merawatnya tetap cantik.

Cara ini juga sering digunakan untuk menjinakan jenis burung lainnya, seperti burung hantu dan lovebird. Oleh karena itu, memandikan burung peliharaan hingga basah kuyup juga bisa menjadi cara yang efektif dan tepat untuk membuat burung kacer menjadi jinak. Selain itu, burung kacer juga akan lebih mudah terhindar dari segala jenis penyakit.

Memberikan Siulan Sesering Mungkin

Memberikan siulan sesering mungkin kepada burung kacer juga bisa menjadi cara menjinakan kacer yang bisa anda lakukan. Memberikan siulan ini juga berfungsi untuk merangsang burung kacer agar bisa mengeluarkan suaranya sendiri. Sebab, kicauan burung kacer yang kuat dan indah dapat menarik perhatian banyak orang dan bisa diadu di kompetisi.

Akan tetapi, anda juga harus sering melatihnya agar burung kacer dapat mengeluarkan suara yang indah. Anda bisa memberikan siulan dari suara anda sendiri atau menggunakan audio yang berisi suara kicauan burung kacer. Anda bisa mendapatkan audio semacam itu di internet dan digunakan sebagai masteran suara burung kacer.

Membawa Kandang Burung Kacer ke Tempat yang Ramai

Habitat asal dari burung kacer adalah hutan yang sepi dan jauh dari keramaian. Banyak orang yang mengira jika burung kacer diletakkan di tempat yang ramai akan membuatnya stres dan takut. Akan tetapi, nyatanya dengan cara seperti ini bisa membuat burung kacer terbiasa dengan tempat yang ramai dan bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Untuk melakukan cara menjinakan kacer ini, anda bisa memasukkan burung kacer ke dalam kandang yang tidak mudah dibuka. Setelah itu, letakkan di tempat yang ramai, tapi tidak mudah dijangkau oleh orang lain dan lakukan cara ini selama beberapa hari. Per harinya bisa dilakukan selama 3 jam untuk melatih mental burung kacer dan menjinakannya.

Jangan Melukai Burung Kacer

Untuk menjinakan burung kacer, tentu anda juga tidak boleh melukainya secara fisik. Meskipun anda sudah memberikan kasih sayang dan perawatan yang baik, tapi jika anda melukai burung kacer, maka hal itu juga akan membuatnya sulit untuk jinak. Efek lain dari perlakuan ini juga akan membuat burung kacer tidak mau bersiul.

Sama halnya dengan manusia, burung kacer juga tidak ingin disakiti oleh pemiliknya karena hal itu akan membuatnya merasa takut dan tidak aman. Oleh karena itu, pastikan anda tidak melukai burung kacer dengan cara apa pun dan dengan alasan apa pun. Tetap berikan perawatan yang baik dan penuh kasih sayang meskipun burung kacer sulit untuk jinak.

Memberikan Makanan dengan Tepat

Memberikan makanan secara rutin juga bisa menjadi cara menjinakan kacer yang efektif. Beberapa jenis makanan yang bisa anda berikan kepada burung kacer peliharaan anda adalah belalang hijau, cacing tanah, kroto, dan buah segar. Anda bisa memilih salah satu jenis makanan dan memberikannya secara rutin kepada burung kacer.

Pasalnya, burung kacer adalah jenis burung yang lemah untuk menahan lapar seharian, sehingga ia pasti butuh makan secara teratur. Anda bisa memberikan makanan sebanyak 3 kali dalam sehari beserta air minumnya. Pastikan juga akan memberikan makanan di wadah yang bersih dan kandang yang terawat.

Menjinakan burung kacer adalah hal yang membutuhkan sedikit waktu lebih lama yang tentunya dengan kesabaran dan ketelatenan. Berikan kasih sayang secara penuh dan rawat burung kacer dengan baik supaya tidak menganggap anda sebagai ancaman. Anda juga bisa memberikan adaptasi kepada si burung kacer tersebut.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.