Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Yuk Intip Makanan Burung Poksay Hongkong Agar Sehat Dan Gacor

2 min read

Yuk Intip Makanan Burung Poksay Hongkong Agar Sehat Dan Gacor

Sebenarnya memperhatikan pakan burung kesayangan adalah hal yang wajib diperhatikan. Pola makan yang salah akan membuat burung tumbuh dengan tidak optimal. Bahkan kemampuannya dalam berkicau dapat terpengaruh. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk cari tahu daftar makanan burung poksay hongkong agar sehat dan gacor sebagai berikut!

Daftar Makanan Burung Poksay Hongkong Agar Sehat Dan Gacor

  1. Voer

Voer merupakan pakan yang paling sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan burung. Alasan utamanya yaitu karena vowe mengandung nutrisi yang kompleks. Pakan buatan tersebut cukup untuk melengkapi nutrisi makro dan mikro dari burung, harganya pun murah, sehingga tidak akan membuat kantong anda menjadi tipis mendadak.

BACA JUGA : 6 Cara Merawat Burung Poksay Hongkong Yang Benar

Adapun jenis voer yang banyak digunakan untuk poksay adalah fancy gold atau topsong. Namun anda masih bisa menggunakan voer yang lain, sesuai dengan keinginan. Agar lebih pasti, anda perlu bertanya pada orang orang yang sudah berpengalaman merawat poksay, perlu anda tahu, bahwa setiap voer memiliki persentase nutrisi yang berbeda beda.

  1. Jangkrik

Sama halnya dengan burung yang lain, poksay juga menyukai jangkrik sebagai makanan nya. Akan tetapi, anda tidak boleh memberikan pakan tersebut secara sembarangan. jika terlalu banyak, naka burung akan masuk dalam fase OB, sehingga malah enggan untuk berkicau. Namun apabila jumlahnya terlalu sedikit, maka keperluan tubuh burung tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Lantas seberapa banyak jangkrik untuk satu kali makan? Jumlahnya adalah sekitar tiga sampai lima ekor. Namun jika anda sudah memberi burung EF berupa ulat hongkong, maka pemberian jangkrik bisa dikurangi. Langkah ini dilaksanakan, agar asupan nutrisi burung tetap seimbang dan tidak berlebihan. Perlu diingat bahwa pemberian makanan burung poksay hongkong agar sehat dan gacor ini tidak sembarangan.

Selain memperhatikan takaran, pemberian pakan berupa jangkrik juga harus membuang bagian kepala dan kaki. Kedua bagian tersebut tidak mengandung banyak nutrisi, dan malah membuat burung lebih sulit mencerna makanan. Apalagi bagian kaki terdapat duri duri kecil, sehingga berpotensi melukai bagian tenggorokan burung. Sangat disayangkan jika lukanya utu membuat kesehatan burung bermasalah.

  1. Ulat Hongkong

Serangga lain yang juga cocok diberikan pada poksay agar lebih gacor adalah ulat hongkong, menurut sebuah penelitian, ulat tersebut mengandung nutrisi berupa protein dan lemak yang sangat tinggi. Bahkan kadarnya melebihi pakan berupa jangkrik. Alasan inilah yang membuat ulat hongkong tidak boleh diberikan setiap hari karena bisa membuat burung OB dan kegemukan.

Takaran yang direkomendasikan untuk pemberian ulat hongkong adalah cukup satu sampai dua kali saja dalam satu minggu. Itupun jumlahnya hanya sekitar lima ekor saja. Pembuatannya pun tidak boleh dilakukan pagi hari, karena dapat menyebabkan burung menjadi katarak atau mengalami gangguan pencernaan. Bahkan beberapa burung mengalami kerontokan bulu.

  1. Kroto

Jenis pakan lain yang sudah banyak digunakan untuk burung adalah kroto. Kroto sendiri adalah sebutan untuk telur semut rang rang yang biasanya terlihat berwarna putih. Jika dilihat dari segi harga, makanan burung poksay hongkong agar sehat dan gacor ini sama murahnya dengan jangkrik. Mencarinya pun mudah, karena hampir di sebuah toko burung menyediakannya. Anda hanya perlu membeli sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Beberapa pemelihara burung mencampurkan voer dengan kroto. Langkah ini dinilai dapat meningkatkan nafsu makan burung, bahkan burung yang baru saja ditangkap tidak akan kesulitan makan kroto, tidak seperti voer. Nutrisi Nya apun termasuk dalam kategori sedang sehingga lebih aman dibandingkan dengan ulat hongkong.

  1. Buah Boni

Anda yang baru saja memulai hobi memelihara burung pasti merasa asing dengan buah boni. Buah yang satu ini memang jarang diberikan kepada burung, kecuali Poksay. Buah tersebut berbentuk bulat dengan warna yang gelap. Penampilannya benar benar mirip dengan buah beri. Pemberian ekstra food ini hanya cukup satu kali dalam seminggu.

Sifatnya hanya sebagai selingan saja, sehingga anda tidak perlu terlalu repot mencarinya. Pasalnya, tidak semua toko menyediakan buah tersebut. Namun jika anda menemukannya maka si burung bisa lebih gacor dibandingkan dengan sebelumnya. meskipun berukuran kecil buah tersebut mengandung nutrisi yang kompleks bagi tubuh burung, bahkan mampu melengkapi nutrisi mikronya.

Untuk informasi lengkap terkait dengan harga makanan burung poksay hongkong agar sehat dan gacor ini, tidak banyak orang yang mengetahuinya. Karena langka, bisa jadi harganya cukup tinggi. Apabila anda tidak sengaja menemukannya, maka tidak ada salahnya untuk membelinya dan memberikannya kepada burung poksay kesayangan anda.

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan daftar makanan yang cocok diberikan untuk poksay. Dengan menggunakannya, maka nutrisi si burung bisa dipenuhi dengan baik. Alhasil, si burung menjadi pribadi yang sehat dan gacor. Namun pemberian pakan ini bukan satu satunya jalan, dan harus diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar, misalnya rutin menjemur, meandikan, dan mengembunkannya.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.