Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Yuk Simak 6 Makanan Burung Kolibri Agar Gacor Dan Sehat

2 min read

Yuk Simak 6 Makanan Burung Kolibri Agar Gacor Dan Sehat

Memelihara berbagai jenis burung di rumah sudah menjadi bagian dan hobi masyarakat Indonesia. Jenis burung yang dipelihara pun sangat beragam, salah satunya adalah Kolibri. Apabila anda termasuk orang yang berkeinginan memilikinya, yuk cari tahu daftar makanan burung kolibri agar gacor dan sehat sebagai berikut!

Daftar Makanan Burung Kolibri Agar Gacor

  1. Voer

Voer adalah pakan pakan burung yang sudah tidak asing ditelinga pemelihara burung kolibri. Sama seperti burung lainnya, kolibri juga perlu asupan nutrisi dari voer sebagai pakan utamanya sehari hari. Merek dari voer juga sangat beraga, sehingga anda perlu mencari yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Kolibri ini bertubuh mungil, sehingga anda perlu voer yang cocok untuk burung kecil.

BACA JUGA : 6 Cara Merawat Burung Kolibri Supaya Bunyi Dan Gacor

hindari memberikan voer terlalu banyak kepada kolibri, melebihi takaran yang semestinya jika terus dilakukan, hal tersebut akan menyebabkan si burung mengalami gangguan pencernaan. Wujud dari gangguan tersebut adalah sulit buang air besar. Apabila anda menemukan burung kesayangan anda jarang BAB, bisa jadi penyebabnya karena pemberian pakan yang berlebihan

  1. Kroto

Krotor dikenal sebagai pakan yang paling dibutuhkan oleh burung kicau. Keberadaan mereka sudah terbukti dapat membuat burung berubah menjadi lebih gacor. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya menyebabkan burung lebih agresif dan tidak mudah kehilangan stamina. Bagi anda yang belum tahu, kroto sendiri merupakan sebutan untuk telur semut rangrang yang dikonsumsi burung.

Lantas kandungan apa yang penting dari kroto? Bahan pakan ini mengandung protein yang sangat tinggi dan tidak memberikan efek buruk pada si burung. Namun untuk mendapatkan hasil yang demikian, pastikan makanan burung kolibri agar gacor ini, dalam kondisi yang masih segar. Kroto yang sudah rusak, karena dapat menurunkan kesehatannya.

Apabila terdapat sisa kroto di wadah pakan, lebih baik buang kroto tersebut dan gantikan dengan yang baru. Cuci sekalian wadah pakannya agar kembali bersih. Langkah ini sangat penting, agar burung terbebas dari kemungkinan infeksi bakteri, virus, maupun parasit. Sangat disayangkan jika burung kesayangan anda malah sakit dan lemas.

  1. Nektar Kemasan

Pakan utama dari burung kolibri saat di alam adalah nektar bunga. Oleh karena itu, anda perlu memberikan nektar, meskipun pakan rutinnya sudah diganti dengan voer. Saat ini sudah banyak seller yang menjual nektar kemasan. Anda bisa membelinya di toko online, ataupun toko offline yang menjual kebutuhan hewan.

Meskipun termasuk bahan pakan buatan, namun nektar ini sudah dibuat sedemikian rupa agar kandungannya mirip dengan nektar alami yang ada di alam. Kandungan yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk mendorong burung agar lebih gacor dan bersemangat. Setiap jenis kolibri pasti bisa mendapat manfaat baik dari bahan pakan yang satu ini.

  1. Nektar Buatan

Nektar buatan adalah solusi bagi anda yang hendak memberikan nektar, namun tidak menemukan yang kemasan. Anda bisa meracik Makanan Burung Kolibri Agar Gacor ini secara mandiri di rumah dengan bahan bahan yang mudah ditemukan. Pertama tama, siapkan air, sirup, dan gula. Takaran yang digunakan tidak ada patokannya. Yang penting, tidak terlalu kental maupun encer.

Satu hal yang perlu diingat, jangan sampai racikan nektar ini terlalu manis. Meskipun namanya adalah nektar, namun anda tidak boleh memberikan nya setiap hari tanpa pakan pendamping. Jika terus dibiarkan, maka si bruung bis amenjaid kurus dan kemas. Anda hanya perlu memberikan bahan tersebut sebagai extra fooding saja dan tidak lebih.

  1. Madu

Karena menyukai nektar, secara otomatis burung kolibri tertarik dengan pakan yang manis. Jika kesulitan mendapatkan nektar, anda bisa memberikan pakan pengganti berupa madu. Madu ini dapat menjaga stamina kolibri serta membuat tubuh mereka terasa lebih hangat. Meskipun memiliki manfaat yang baik, pemberian madu yang berlebihan dapat menyebabkan kerontokan bulu.

Alasan mengapa hal tersebut terjadi adalah kalori dari madu yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, anda tidak boleh memberikan pakan tersebut secara berlebihan. Cukup sekali saja dan campurkan dengan jenis manisan yang lain, agar nutrisinya lebih berimbang. Sama haknya dengan manusia, semua makhluk hidup perlu nutrisi dari berbagai sumber makanan demi kelangsungan hidupnya.

  1. Susu Kental Manis

Makanan burung kolibri agar gacor yang berikutnya adalah susu kental manis. Sebenarnya pakan yang satu ini sifatnya hampir mirip dengan madu. Rasanya juga sama sama manis sehingga juga menyerupai nektar. Pemberiannya juga harus dibatasi, karena dapat menyebabkan kegemukan. Jika mengkonsumsi susu ini, burung terlihat lebih segar dan bulunya mengkilap.

Itulah sekilas penjelasan terkait dengan bahan makanan yang cocok untuk kolibri agar mereka semakin gacor dan tetap sehat. Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan tips dan trik memelihara kolibri, penting bagi anda untuk sharing dengan sesama pemelihara. Dengan begitu, anda menjadi lebih hadan dalam menjaga kondisi si burung.

Bhagja 29 Tahun, Blogger dan Pecinta burung kicau

Leave a Reply

Your email address will not be published.